Lebih dari 6.500 Orang Diperiksa Terkait Korona

    Antara - 29 Maret 2020 19:31 WIB
    Lebih dari 6.500 Orang Diperiksa Terkait Korona
    Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto/Medcom.id/Yurike Budiman
    Jakarta: Jumlah pasien positif korona di Indonesia mencapai 1.285 orang. Temuan itu didapat setelah ribuan orang diperiksa.

    "Kita sudah melakukan pemeriksaan pada lebih dari 6.500 orang di dalam kaitannya dengan pemeriksaan ini di mana sekarang kita pahami ada penambahan kasus baru positif sebanyak 130, sehingga jumlah sekarang menjadi 1.285 kasus positif," ujar juru bicara pemerintah Indonesia untuk penanganan virus korona atau covid-19, Achmad Yurianto dalam telekonferensi seperti dikutip dari Antara, Minggu, 29 Maret 2020. 

    Baca: Pasien Positif Korona Jadi 1.285 Orang, 114 Meninggal

    Menurut dia, penambahan kasus positif korona disebabkan banyaknya pasien positif korona tak melakukan isolasi. Sehingga ada penularan karena kontak langsung.

    Yurianto meminta masyarakat untuk jaga jarak di dalam berkomunikasi sosial. Baik di lingkungan luar rumah maupun di dalam rumah.

    "Upayakan tetap berada di dalam rumah. Apabila terpaksa keluar rumah, maka jaga jarak, hindari kerumunan, kemudian gunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh wajah, kemudian praktikan betul etika saat batuk dan bersin," kata dia.

    Yurianto juga meminta masyarakat memahami penularan korona. Virus itu menular lewat cairan ludah mereka yang terjangkit covid-19.

    Sehingga menjaga jarak sangat disarankan, sekurangnya satu meter. Sebab cairan dapat terhirup masuk ke saluran napas orang yang sehat dan menulari mereka.

    Selain itu, cairan juga bisa menempel ke ke benda-benda sekitar yang sering disentuh secara bersama. Orang lain tak sadar menyentuh benda itu dan tak mencuci tangannya.

    "Mari sekali lagi kita lindungi yang sakit jangan didiskriminasikan, tapi lindungi dia agar bisa melakukan isolasi di lingkungannya, bukan untuk dikucilkan, tapi untuk dibantu agar dia bisa melakukan isolasi diri dengan sebaik-baiknya," ujar Yurianto.

    Secara nasional, pasien positif covid-19 sejumlah 1.285 orang. Sebanyak 64 orang dinyatakan sembuh, sedangkan 114 orang meninggal.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id