Kepala BNPB: Kepala Daerah Mulai Sadar Bencana

    Antara - 21 Oktober 2020 06:18 WIB
    Kepala BNPB: Kepala Daerah Mulai Sadar Bencana
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan sejumlah kepala daerah di Indonesia mulai menunjukkan sikap yang sadar bencana. Mereka telah melibatkan banyak komponen ketika ada informasi curah hujan tinggi.

    "Beberapa tahun terakhir BNPB melihat hal-hal positif yang dilakukan para pemimpin di daerah," kata Doni dalam acara bincang-bincang yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia, Selasa, 20 Oktober 2020.

    Menurut dia, pemimpin daerah melibatkan banyak pihak untuk mengingatkan masyarakat di sepanjang sungai agar mengikuti informasi dari daerah hulu. Ketika hujan berintensitas tinggi terjadi, informasi kondisi tinggi permukaan air dan cuaca dari daerah hulu harus diperhatikan.

    "Bila prosedur tersebut dilakukan, diikuti dengan evakuasi, ketika banjir bandang tiba masyarakat akan selamat," kata dia.

    Hal ini juga berlaku bagi masyarakat yang tinggal di lereng bukit dan gunung dengan kemiringan lebih dari 30 derajat. Mereka harus mengikuti peringatan dari badan penanggulangan bencana dan bersedia dievakuasi.

    "Ketika terjadi longsor, rumah-rumah mereka mungkin akan tertimbun, tetapi masyarakatnya selamat," kata Doni Monardo.

    Dalam acara yang sama, Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin, mengatakan mitigasi bencana sangat penting. Masing-masing wilayah memiliki tingkat kerawanan yang berbeda sehingga memerlukan upaya mitigasi yang berbeda.

    Baca: Masyarakat Diminta Galakan Rawat Lingkungan Hadapi La Nina

    "Mitigasi bencana tidak hanya mengandalkan badan penanggulangan bencana, tetapi juga harus melibatkan masyarakat. Perlu peran serta masyarakat untuk tidak menebang pohon dan mengalihfungsikan hutan menjadi kebun atau ladang," kata Ade.

    Ia mengatakan Kabupaten Bogor merupakan wilayah berbukit-bukit dengan kontur tanah yang berbeda. Wilayah Kabupaten Bogor bagian selatan, barat, dan timur merupakan wilayah yang perlu mendapatkan perhatian lebih.

    "Wilayah utara karena kontur tanahnya lebih datar jadi relatif lebih aman," jelas Ade Yasin.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id