Kemenkes Optimistis Covid-19 Terkendali pada 17 Agustus

    Theofilus Ifan Sucipto - 03 Maret 2021 12:01 WIB
    Kemenkes Optimistis Covid-19 Terkendali pada 17 Agustus
    Juru bicara vaksinasi covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. Dok. YouTube Sekretariat Presiden



    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yakin kasus covid-19 bisa terkendali pada 17 Agustus 2021. Berbagai upaya penanganan terus digencarkan, termasuk melawan mutasi covid-19 asal Inggris, B117.

    “Kita optimistis (covid-19 bisa terkendali),” kata juru bicara vaksinasi covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, kepada Medcom.id, Rabu, 3 Maret 2021.






    Nadia mengatakan kemunculan B117 menjadi tantangan baru untuk mencapai target tersebut. Namun, vaksin covid-19 yang telah didistribusikan diklaim ampuh melawan B117.

    “(B117) tentunya diharapkan tidak pengaruh karena vaksin masih efektif,” terang dia.

    Pemerintah juga menggencarkan program vaksinasi ke seluruh daerah. Kemudian, memerinci target penerima dari tahap I hingga tahap IV.

    “Tapi jangan lupa 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun) dan 3T (tracing, testing, dan treatment) tetap dilaksanakan,” papar Nadia.

    Baca: Lawan Mutasi Covid-19, Kemenkes Perkuat 3T

    Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menargetkan pandemi dapat dikendalikan pada Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2021. Sejumlah langkah ditempuh untuk merealisasikan sasaran itu, seperti menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro dan penegakan disiplin protokol kesehatan.

    Sementara itu, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan maksud dari target kasus covid-19 terkendali pada 17 Agustus 2021. Terkendali bukan berarti nol kasus.
     
    "(Yang dimaksudkan terkendali) itu terdesentralisasi sampai tata kelola pemerintahan yang terendah, yakni desa dan kelurahan," kata Wiku.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id