Pencarian CVR Sriwijaya Air SJ-182 Diyakini Bakal Menguras Waktu

    Fachri Audhia Hafiez - 13 Januari 2021 18:39 WIB
    Pencarian CVR Sriwijaya Air SJ-182 Diyakini Bakal Menguras Waktu
    Temuan bagian pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ditampilkan di Dermaga JICT II, Jakarta Utara, Selasa, 12 Januari 2021. Foto: Dok Metro TV
    Jakarta: Pencarian cockpit voice recorder (CVR) Sriwijaya Air SJ-182 diyakini akan memakan waktu. Pasalnya, pemancar sinyal untuk memudahkan mendeteksi keberadaan CVR terlepas.

    "Dua pinger sudah terlepas dari unitnya. Satu-satunya pencarian dengan diraba-raba di dasar laut," kata Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono dalam program Metro Hari Ini, Rabu, 13 Januari 2021.

    Menurut dia, CVR dan flight data recorder (FDR) merupakan dua komponen dari black box atau kotak hitam pesawat yang tak bisa dipisahkan dalam investigasi penyebab kecelakaan. Saat ini, baru FDR yang berhasil ditemukan.

    Baca: Pencarian CVR Sriwijaya AIR SJ-182 Dipercepat

    FDR bakal mengeluarkan data rekaman dalam bentuk grafik atau trafik. Alat itu berfungsi merekam data teknis seperti ketinggian, kecepatan, putaran mesin, radar, dan autopilot.

    Sementara itu, CVR mengeluarkan rekaman dalam bentuk suara. Data tersebut meliputi percakapan dan suasana dalam pesawat, salah satunya di kokpit.

    "Jadi kalau ada FDR dan CVR itu sempurna untuk bagaimana kita bisa mengungkap penyebab dari kejadian kecelakaan tersebut," ujar Soerjanto.

    Jika hanya salah satu yang ditemukan, lanjut dia, analisis untuk mengungkap misteri kecelakaan pesawat akan dimaksimalkan. Kesimpulan penyebab kecelakaan dipastikan tetap dilakukan profesional.

    "Data yang ada semua kita akan gunakan semaksimal mungkin di dalam menganalisa penyebab dari kecelakaan tersebut," tegas Soerjanto.


    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id