Saur Hutabarat: Jurnalis Menuntut Bakat Intelektual

    Siti Yona Hukmana - 26 November 2020 15:00 WIB
    Saur Hutabarat: Jurnalis Menuntut Bakat Intelektual
    Ketua Dewan Redaksi Media Group, Saur Hutabarat. Metro TV/Marshalina Gita
    Jakarta: Jurnalis senior Saur Hutabarat diganjar anugerah Bintang Jasa Nararya dari Presiden Joko Widodo atas sumbangsihnya dalam bidang jurnalistik. Saur mengatakan jurnalis bukan pekerjaan gampang dan sembarangan.

    "Menjadi jurnalis menuntut bakat intelektual karena profesi ini menuntut kualitas, menuntut profesionalitas, dan tentu menuntut karakter," kata Saur dalam program Metro Hari Ini yang ditayangkan Metro TV, Kamis, 26 November 2020.

    Mantan Pemimpin Redaksi (Pemred) Metro TV itu mengatakan menjadi jurnalis adalah panggilan hati. Saur berkecimpung di dunia pers Tanah Air selama empat dekade karena merasa nyaman dengan profesi jurnalis.

    "Jurnalis bukan takdir atau kebetulan. Banyak yang beralih profesi di tengah jalan karena tidak cocok," kata Dewan Redaksi Media Group ini.

    Saur pun menyebut jurnalis harus kredibel dan dapat dipercaya. Sebab, jurnalis adalah profesi yang menghasilkan pertukaran informasi dan pemikiran di ruang publik.

    "Kuncinya, profesionalisme. Kita meyakinkan publik bahwa apa yang kita sampaikan adalah benar," ujar Saur.

    Baca: Jurnalis Senior Saur Hutabarat Dianugerahi Bintang Jasa Nararya

    Saurjuga berpesan kepada media massa agar menjadi barometer kebenaran. Media harus memiliki konsitensi, kredibilitas, dan memperkaya konten.

    Dunia boleh berubah atas perkembangan tekonologi. Teknologi informasi yang menuntut serba cepat banyak menunculkan berita bohong atau hoaks di media sosial.

    Namun, Saur mengatakan jurnalisme harus memegang teguh kredibilitas dan profesionalitas. Hoaks yang bertebaran di media sosial dapat teratasi jika masyarakat meyakini media massa benar dan dapat dijadikan rujukan utama.

    "Orang harus berpaling mencari ukuran yang profesional, kompeten, dan layak dipercaya. Yaitu media massa kita, media yang serius," ungkap Saur.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id