Lawan Penyebaran Covid-19 dengan Menghindari Kerumunan

    Juven Martua Sitompul - 09 Oktober 2020 22:40 WIB
    Lawan Penyebaran Covid-19 dengan Menghindari Kerumunan
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Masyarakat diminta tak menggelar kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa untuk menekan penyebaran virus korona (covid-19). Warga harus taat menerapkan prtokol kesehatan 3M atau memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

    "Kalau kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa apalagi dengan jumlah yang sangat banyak, itu tentunya menimbulkan risiko yang sangat besar," kata Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam tanya jawab di akun YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat, 9 Oktober 2020.

    Peringatan ini disampaikan menyusul adanya sejumlah pedemo penolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) reaktif virus korona. Tak menutup kemungkinan aksi itu bahkan menjadi klaster covid-19 baru.

    "Karena bisa saja di antara masyarakat yang berkumpul ada yang positif covid-19 dan bisa jadi ketika nanti terjadi hubungan yang sangat dekat, akibatnya yang lain bisa terpapar covid-19," katanya.

    Baca: Disiplin 3M Kunci Utama Selamat Dari Covid-19

    Tak sampai di situ, pedemo yang tak sadar telah terpapar covid-19 dikhawatirkan membawa masalah baru di keluarganya. Orang itu secara tidak sengaja justru menyebarkan virus korona kepada anggota keluarga.

    Lebih parahnya, kata Doni, pedemo menularkan virus korona kepada orang lanjut usia (lansia). Khususya, lansia yang memiliki penyakit bawaan.

    "Risikonya sangat besar bagi keluarga yang punya komorbid atau mereka yang sudah lansia, karena angka kematian bagi komorbid dan lansia itu sangat besar," ujarnya.

    Oleh karenanya, Doni mengajak seluruh komponen masyarakat, pimpinan di berbagai lapisan, baik di pusat maupun di daerah untuk memperhatikan protokol kesehatan. Doni meminta semua pihak untuk tidak memberi ruang bagi pihak-pihak yang berkerumun.

    "Jangan sampai kita membiarkan terjadinya kerumunan yang berdampak kepada keselamatan, salus populi suprema lex, keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi," tegasnya.

    Baca: Jaga Keluarga dengan 3M

    Satgas Covid-19 baru-baru ini mengampanyekan #ingatpesanibu. Pemerintah berharap kampanye ingat pesan ibu efektif mengajak masyarakat disiplin menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
     
    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id