27 Asrama Haji Siap Tampung 10 Ribu Pasien Covid-19

    Fachri Audhia Hafiez - 24 Juni 2021 20:46 WIB
    27 Asrama Haji Siap Tampung 10 Ribu Pasien Covid-19
    Kamar isolasi mandiri di Asrama Haji Pondok Gede/Medcom.id/Anggi



    Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) memastikan kesiapan 26 asrama haji seluruh Indonesia untuk menampung pasien covid-19. Asrama disiapkan untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri.

    "Ada sebanyak 3.465 kamar yang siap digunakan untuk pasien covid-19. Kira-kira dapat menampung sebanyak 10 ribuan orang," kata Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis, 24 Juni 2021.

     



    Zainut memantau kesiapan asrama untuk menampung pasien covid-19, salah satunya di Asrama Haji Pondok Gede. Asrama haji tersebut menyediakan tiga gedung.

    Total, 556 pasien covid-19 bisa ditampung di tiga bangunan itu. Gedung A sebanyak 44 kamar dapat menampung 172 orang, Gedung B sebanyak 36 kamar, dapat menampung 144 orang, dan Gedung C sebanyak 24 kamar dapat menampung 240 orang.

    Baca: Kapolri Desak Pemprov DKI Segera Buka 31 Lokasi Isolasi Mandiri

    Zainut juga mendorong komunikasi komunikasi dan koordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kodam dan Dinas Kesehatan setempat. Sebab, Kemenag hanya menyediakan kamar asrama sebagai ruang isolasi.

    "Sementara tenaga medis, obat-obatan, tenaga pengamanan dan konsumsi diserahkan kepada Pemda dan Dinas Kesehatan masing-masing," ujar Zainut.

    Direktur RS Haji Jakarta, Mahesa Paranadipa, mengatakan saat ini ada 44 pasien covid-19 yang sedang dirawat di asrama haji Pondok Gede. Masih ada 72 kamar yang kosong.

    "Saat ini Gedung Arafah yang digunakan, sudah dimanfaatkan untuk pasien Covid-19. Gedung Arafah ini terdiri dari empat lantai, setiap kamar dapat diisi oleh dua orang," ujar Mahesa.


    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id