Dubes Arab Saudi Klarifikasi Soal Kuota Haji 2021, Begini Penjelasannya

    Rendy Renuki H - 04 Juni 2021 14:47 WIB
    Dubes Arab Saudi Klarifikasi Soal Kuota Haji 2021, Begini Penjelasannya
    Ilustrasi by Medcom.id



    Jakarta: Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi, mengklarifikasi soal kuota haji 2021. Penjelasan itu ditulisnya dalam surat yang ditujukan kepada Ketua DPR RI, Puan Maharani, Kamis 3 Juni 2021.

    Dia mengatakan jika otoritas di Kerajaan Arab Saudi belum mengeluarkan instruksi apa pun soal pelaksanaan haji 2021. Termasuk untuk jemaah yang berada di Indonesia maupun di seluruh dunia.

     



    Untuk itu kabar Indonesia tidak mendapatkan kuota haji 2021 menurutnya tidak benar. Pasalnya, kabar tersebut tidak resmi dikeluarkan langsung otoritas Kerajaan Arab Saudi.

    "Saya ingin memberitahu kepada Yang Mulia (Puan Maharani) bahwa berita tersebut tidaklah benar, dan hal itu tidaklah dikeluarkan oleh otoritas resmi Kerajaan Arab Saudi," tulis Dubes Essam dalam suratnya, Jumat 4 Juni 2021.

    Surat itu sekaligus menyanggah pernyataan Wakil ketua DPR RI Sifmi Dasco Ahmad. Di mana dia menyatakan mendapatkan informasi jika Indonesia tidak memperoleh kuota haji pada 2021.

    Sufmi mengatakan jika tak adanya kuota haji untuk Indonesia karena vaksinasi Covid-19 yang digunakan di sini. Sedangkan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengungkapkan ada 11 negara yang mendapatkan kuota haji, namun tidak termasuk Indonesia.

    Mendengar kabar itu, Dubes Essam pun berharap pemerintah tidak mengamini terlebih dahulu informasi yang masih simpang siur agar tak menjadi isu liar. Setiap informasi tentang haji menurutnya harus dikomunikasikan terlebih dahulu kepada pihak kedutaan atau otoritas resmi.

    "Saya berharap agar kiranya dapat melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak kedutaan atau otoritas resmi lainnya, baik di Kerajaan Arab Saudi atau di Indonesia, guna memperoleh informasi dari sumber-sumber yang benar dapat dipercaya," lanjut surat Dubes Essam.

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id