Ini PR Jenderal Andika sebagai Panglima versi Pengamat Pertahanan

    Medcom - 17 November 2021 18:23 WIB
    Ini PR Jenderal Andika sebagai Panglima versi Pengamat Pertahanan
    Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Foto: BPMI Setpres



    Jakarta: Jenderal Andika Perkasa resmi menjabat Panglima TNI. Dia menjabat sebagai orang nomor satu di institusi TNI ini hanya satu tahun. Meski jabatannya seumur jagung, namun tak menutup kemungkinan dia bisa menorehkan prestasi. 

    "Bila visi dan misi yang dipaparkan di Komisi 1 DPR dapat berjalan baik dan konsisten, tentu akan membawa prestasi bagi TNI," kata pengamat pertahanan Susaningtyas Kertopati, melalui keterangan tertulis, Rabu, 17 November 2021.

     



    Meski begitu, Susaningtyas memaparkan beberapa pekerjaan rumah (PR) yang perlu dilakukan Andika agar institusi TNI disegani. Berikut enam PR Andika versi Susaningtyas:

    1. Alutsista nirawak

    Sebagai Panglima TNI, kata Susaningtyas, Andika Perkasa harus segera merumuskan manajemen tempur dan diplomasi militer. Saat ini, banyak negara tengah menyusun kebijakan baru terkait defence shifting yang lebih mengarah pada prinsip efisiensi operasi militer dan interoperabilitas. 

    "Teknologi terkini yang paling mendominasi defence shifting adalah unmanned system (alat utama sistem senjata atau alutsista nirawak). Panglima TNI harus mulai memikirkan itu," kata dia.

    Beberapa alutsista nirawak yang tengah dikembangkan sejumlah negara adalah unmanned aerial vehicle (UAV), unmanned surface vehicle (USV) dan unmanned subsurface vehicle (USSV).

    "Dibutuhkan pembelian alutsista yang tepat guna, bukan yang tak sesuai kebutuhan," kata dia.

    Baca: Tahu Masa Jabatannya Singkat sebagai Panglima TNI, Visi Jenderal Andika Disebut Realistis

    2. Meningkatkan fungsi diplomasi

    Selanjutnya, Susaningtyas mendorong Andika untuk meningkatkan fungsi diplomasi pertahanan di tingkat internasional. "Dibutuhkan sosok Panglima TNI yang memiliki dampak penangkalan bagi petinggi militer internasional. Penting sekali jika Panglima TNI disegani dunia internasional," kata dia.

    3. Meningkatkan kapasitas siber prajurit

    Di bidang pendidikan dan latihan, lanjut dia, Andika diminta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas prajurit TNI. Memiliki pengetahuan kemiliteran maupun akademik yang mumpuni dan terlatih.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id