Jokowi Perintahkan Penambangan Emas Ilegal di Lebak Dihentikan

    Desi Angriani - 07 Januari 2020 16:00 WIB
    Jokowi Perintahkan Penambangan Emas Ilegal di Lebak Dihentikan
    Presiden Joko Widodo (tengah) saat meninjau Pondok Pesantren La Tansa, Parakansantri, Banjar Irigasi, Lebak Gedong, Banten. Foto: Desi Angriani/Medcom.id
    Banten: Presiden Joko Widodo memerintahkan aktivitas penambangan emas ilegal di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dihentikan. Kegiatan ilegal itu mengakibatkan banjir bandang di Kabupaten Lebak, Banten.

    "Tadi sudah saya sampaikan ke Pak Gubernur (Gubernur Banten Wahidin Halim), Bupati (Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya) agar ini dihentikan," kata Jokowi usai meninjau Pondok Pesantren La Tansa, Parakansantri, Banjar Irigasi, Lebak Gedong, Banten, Selasa, 7 Januari 2020.

    Jokowi mengatakan puluhan ribu orang terdampak oleh aktivitas ilegal segelintir pihak. Sedikitnya 30 jembatan putus, 1.000 rumah warga rusak berat, serta 19 bangunan sekolah tidak layak digunakan.

    "Enggak bisa lagi karena keuntungan satu, dua, tiga orang, kemudian ribuan yang lainnya dirugikan dengan adanya banjir bandang ini," ungkap dia.

    Jokowi berjanji segera merevitalisasi bangunan dan fasilitas publik yang rusak. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono diperintahkan membangun jembatan  rusak itu dalam waktu empat bulan.

    "Nanti saya juga perintahkan ke Kementerian Dikbud dan Kementerian PU agar segera diperbaiki," tambah dia.

    Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah pengungsi akibat banjir dan longsor di sejumlah wilayah bertambah menjadi 100.677 orang. Kenaikan tertinggi terjadi di Bogor dan Lebak.

    Terdapat 255 titik pengungsian, yakni 75 titik di Kota Bekasi, 27 titik di Kabupaten Bogor, enam titik di Jakarta Timur, empat titik di Jakarta Barat, delapan titik di Jakarta Selatan, tiga titik di Jakarta Utara, delapan titik di Kabupaten Lebak, dan enam titik di Kota Depok.





    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id