comscore

Jokowi Temui Putin di Kremlin, Berikut 5 Poin Yang Dibahas

MetroTV - 01 Juli 2022 10:15 WIB
Jokowi Temui Putin di Kremlin, Berikut 5 Poin Yang Dibahas
Misi perdamaian, Jokowi temui Putin di Kremlin. Foto: Dok/Metro TV
Rusia: Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin pada Kamis, 30 Juni 2022. Kedua kepala negara tersebut membahas poin-poin penting yang disampaikan dalam konferensi bersama.

Kontributor Metro TV di Rusia Panca Syurkani mengatakan, terdapat 5 poin yang perlu digarisbawahi setelah pertemuan bersama antara Presiden Jokowi dan Presiden Putin.
Presiden Jokowi menyampaikan poin pertama yaitu isu perdamaian dan kemanusiaan yang menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Poin kedua adalah mengenai penyelesaian untuk damai terhadap konflik dan mengakhiri perang antardua negara, Ukraina dan Rusia. Selain itu, Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa ruang dialog perlu terus dikedepankan.

“Meski situasinya sulit, namun kita tetap menyampaikan penyelesaian konflik dengan damai harus selalu dikedepankan. Kemudian membuka ruang dialog. Jokowi juga telah menyampaikan apa yang dia janjikan, yaitu pesan yang disampaikan Presiden Zelensky (Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky) untuk Presiden Rusia Vladimir Putin,” jelas Panca Syurkani dalam program Headline News Metro TV, Jumat, 1 Juli 2022.

Poin ketiga, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pangan dan pupuk merupakan masalah kemanusiaan dan kepentingan masyarakat dunia yang perlu dikedepankan. Hal tersebut kemudian disepakati oleh Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengatakan akan menjamin keamanan pasokan pangan dan pupuk, baik dari Rusia maupun Ukraina.

Selanjutnya, poin keempat Jokowi mendukung upaya Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk reintegrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia dan Ukraina untuk masuk kembali dalam rantai pasok dunia melalui jalur laut. Dan poin kelima merupakan diskusi panjang mengenai kerja sama antara Rusia dengan Indonesia baik dalam bidang investasi, perdagangan, pariwisata yang akan ditindaklanjuti dan dibahas secara lebih detail.

Sebagai penutup, Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun selain ingin perang dapat segera berakhir dan rantai pasok pangan, pupuk, dan energi dapat segera diperbaiki. Karena ini menyangkut kehidupan ratusan juta orang manusia di seluruh dunia. Jokowi juga mengajak seluruh pemimpin dunia bekerja sama menghidupkan kembali semangat multilateralisme, semangat damai, dan semangat kerja sama guna perdamaian dapat dicapai. (Eka Putri Wahyuni)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id