comscore

Transformasi Sistem Pendidikan Digital Harus Dilakukan Menyeluruh

Fachri Audhia Hafiez - 11 Desember 2021 08:39 WIB
Transformasi Sistem Pendidikan Digital Harus Dilakukan Menyeluruh
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Jakarta: Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat (Rerie), menilai transformasi menuju sistem pendidikan digital harus dilakukan menyeluruh. Dia menyebut kebijakan, sumber daya manusia (SDM), hingga konten bahan ajar harus dipersiapkan matang.

"Semua upaya itu harus bertumpu pada bagaimana kita bisa memanfaatkan semua sumber daya yang kita miliki secara maksimal agar kita mampu beradaptasi dengan era digital saat ini," kata Rerie melalui keterangan tertulis, Sabtu, 11 Desember 2021.
Rerie menilai kemampuan menggunakan gawai di era saat ini lebih cepat. Namun, tidak diimbangi dengan penggunaan gawai untuk edukasi di dunia pendidikan.

"Akibatnya, ancaman hoaks di berbagai sektor pun mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara kita saat ini," ucap Rerie.

Menurut Rerie, literasi digital dalam pendidikan harus disertai dengan aspek-aspek perlindungan. Sehingga, bukan hanya pencapaian peningkatan kemampuan keterampilan digital yang diperoleh, tetapi juga aspek tata krama dalam pemanfaatan gawai.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem ini menilai masa pandemi covid-19 memaksa guru beradaptasi dengan situasi era digital. Pembelajaran digital menjadi cara yang mesti ditempuh agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan.

"Guru dipaksa untuk bisa melakukan pembelajaran jarak jauh di tengah tekanan ekonomi dan tekanan yang lebih berat lagi dalam bentuk kurangnya keterampilan dalam kemampuan pembelajaran digital," ujar Rerie.

Pengembangan sistem pendidikan digital, kata Rerie, harus mengacu pada Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035. Peta itu mengamanatkan sejumlah hal yaitu, harus ada tolok ukur dalam penerapan sistem pendidikan.

Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035 juga mengamanatkan agar pemerintah mendorong reformasi pendidikan yang tidak hanya dapat dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Namun juga mendapatkan dukungan dari kementerian lain, masyarakat, pemerintah daerah, dan pihak swasta.

"Pada peta jalan itu kriteria SDM yang ingin dibangun harus berkarakter, berakhlak mulia dan menumbuhkan nilai-nilai budaya Indonesia serta Pancasila," kata Rerie.

Baca: Menkominfo Gandeng Kadin dalam Transformasi Digital di Indonesia
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id