Polisi Diminta Tegas Menindak Pelanggar PSBB

    Candra Yuri Nuralam - 20 Mei 2020 19:29 WIB
    Polisi Diminta Tegas Menindak Pelanggar PSBB
    ilustrasi PSBB/Medcom.id/Zaenal.
    Jakarta: Masyarakat diminta disiplin menjalankan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kepolisian diminta mendukung hal tersebut.

    "Saya minta Pak Kapolri Jenderal Idham Azis untuk ambil langkah tegas kepada semua pihak yang lakukan pelanggaran PSBB, langgar protokol kesehatan," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu 20 Mei 2020.

    Permintaan itu didasari kekhawatiran adanya masyarakat yang merantau usai Idulfitri 1441 Hijriah, khususnya menuju Ibu Kota. Apalagi banyak masyarakat pulang kampung sebelum pelarangan mudik.

    Doni mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyikapi masyarakat yang kembali ke Jakarta dari daerah. Koordinasi juga diperkuat dengan beberapa lembaga dan kementerian seperti TNI dan Polri.

    Baca: Pemerintah 'Racik' Skema Pelonggaran PSBB

    "Agar bisa menjaring, sehingga Jakarta dalam kondisi aman. Karena kita khawatir apabila ada daerah-daerah yang sekarang menjadi  kawasan episentrum lantas mereka menuju Jakarta dan mereka juga bawa sebagai carrier," ujar Doni.

    Doni menyebut koordinasi dengan berbagai pihak sebagai kunci. Sebab jika gagal menyikapi gelombang pendatang, penanganan korona selama ini akan sia-sia.

    Masyarakat pun diminta mengerti dengan situasi. Waga harus mematuhi PSBB setidaknya selama dua pekan.

    "Kalau dua minggu ini terakhir kita sukses, maka selanjutnya kita mungkin akan bisa memasuki suasana yang baru," tutur Doni.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id