Bung Tomo, Sang Orator Berbakat Sejak Kecil

    Theofilus Ifan Sucipto - 08 November 2020 10:29 WIB
    Bung Tomo, Sang Orator Berbakat Sejak Kecil
    Ilustrasi perjuangan di Hari Pahlawan. Medcom.id
    Jakarta: Kemampuan berorasi Sutomo atau yang lebih dikenal dengan Bung Tomo sudah terlihat sejak anak-anak. Bakat itu menjadi modal perjuangan Bung Tomo dan mampu menyihir pendengarnya untuk menjadi pejuang.

    “Bakat Bung Tomo sebagai orator andal sebenarnya memang sudah terlihat sejak kecil,” tulis pemerhati sejarah, Abdul Waid, dalam bukunya berjudul Bung Tomo: Hidup dan Mati Pengobar Semangat Tempur 10 November, seperti dikutip Medcom.id, Minggu, 8 November 2020.

    Abdul menyebut gaya bicara Bung Tomo berbeda dengan anak-anak sebayanya. Bung Tomo kerap berbicara dengan nada keras dan bisa didengar lawan bicaranya.

    Kata-kata Bung Tomo jelas dan terarah, tepat sasaran, serta sesuai topik pembicaraan. Wawasan pria kelahiran Blauran, Surabaya, 3 Oktober 1920, itu luas sehingga siapa pun yang mengobrol dengan Bung Tomo akan senang.

    “Dengan kata lain, sejak kecil ia memang terbiasa berbicara tegas dan serius,” ujar Abdul.

    Baca: Magis Pidato Bung Tomo Bakar Semangat Surabaya

    Abdul menilai bakat Bung Tomo unik. Kedua orang tuanya, Kartawan Tjiptowidjojo dan Subastita, tak punya riwayat sebagai orator. Bahkan kakek Bung Tomo bukan seorang pembicara ulung atau penceramah.

    Abdul menduga naluri sebagai orator penerima lima tanda jasa itu lahir dari interaksi dengan lingkungannya. Interaksi sosial yang sering dilakukan memunculkan sikap kritis dan nalar Bung Tomo.

    “Bung Tomo tidak pernah demam panggung dan pidatonya selalu membuat orang tercengang,” papar dia.

    Kemampuannya berbicara menjadi modal penting untuk melawan tentara Inggris di Surabaya. Padahal, para pejuang biasanya mengandalkan bambu runcing untuk melawan musuh. Namun, orasi Bung Tomo sukses membuat rakyat Surabaya tak gentar.

    “Pejuang pembela kemerdekaan Indonesia seakan terhipnotis menjadi pejuang tangguh dan tidak gentar menghadapi pasukan penjajah dengan peralatan perang yang serba canggih,” tutur Abdul.
     

    Halaman Selanjutnya
    Berikut isi pidato Bung Tomo…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id