comscore

Sandiaga Uno Pastikan Lapangan Kerja di Sektor Parekraf Meningkat

Kautsar Widya Prabowo - 28 Januari 2021 17:20 WIB
Sandiaga Uno Pastikan Lapangan Kerja di Sektor Parekraf Meningkat
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan 2021 menjadi awal pemulihan sektor pariwisata di tengah pandemi. Ia memastikan peningkatan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

"Kita ingin bahwa kenaikan lapangan kerja pariwsata di 2021 bisa sampai target 3-4 persen. Di sektor ekonomi kreatif naik 2-3 persen," ujar Sandiaga dalam acara Media Group News (MGN) Summit Indonesia 2021 dengan tema 'Wonderful Indonesia: Reviving The Tourism Industry', secara virtual, Kamis, 28 Januari 2021. 
Sandi menyebut puluhan juta masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor parekraf harus terdampak pandemi covid-19. Tercatat pada 2020, sektor pariwisata mengalami penurunan mencapai 75 persen.

"Kalau kita lihat jumlah (mereka) mayoritas berada di strata ekonomi bawah, mereka bergantung hidup pada pariwisata ekonomi dan kreatif, banyak dari usaha mikro," tuturnya. 

Kemenparekraf, kata Sandi, akan melakukan program-program tanggap darurat untuk menyelamatkan 34 juta lapangan kerja di sektor parekraf. Salah satu program dengan memberikan bantuan keuangan secara tunai. 

"Cash the king, mereka membutuhkan bantuan tunai. Pandemi mengganggu arus cash flow ekosistem parekraf. Harus kita beri keberpihakan pemulihan bersifat tunai. Pemberian subsidi bantuan dan hibah. Kita terus akan perbesar dan perbanyak," jelasnya.

MGN Summit merupakan hybrid event yang berupaya menemukan solusi di tengah pandemi. Acara yang mengambil tema "Solusi Maju Bersama' ini menggabungkan konsep off air dan on air yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, hingga para ahli. 

Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari News Research Center (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei ini menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit. 

Ada empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi, kesehatan masyarakat, energi hijau, dan pariwisata. Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang baru covid-19.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id