comscore

Cara Pendaftaran Vaksinasi Sentra Bersama bagi Lansia KTP Non-Jakarta

Gervin Nathaniel Purba - 17 Maret 2021 07:00 WIB
Cara Pendaftaran Vaksinasi Sentra Bersama bagi Lansia KTP Non-Jakarta
Sentra Vaksinasi Bersama akan berlangsung hingga Mei. (Foto: Dok.)
Jakarta: Sentra Vaksinasi Bersama yang digelar oleh pemerintah kini bisa diikuti oleh para lanjut usia (lansia) dari luar KTP DKI Jakarta. Sentra Vaksinasi Bersama digelar sejak Senin, 8 Maret 2021, di Istora, Senayan, Jakarta.

Pelaksanaan Sentra Vaksinasi Bersama digelar oleh Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Indonesia Healthcare Corporation (IHC) selaku holding BUMN kesehatan. Pada kesempatan ini, Loket.com juga turut digandeng untuk mempermudah pendaftaran.

 



Pendaftaran bagi lansia KTP di luar DKI Jakarta bisa dilakukan secara daring (online) mulai Selasa, 16 Maret 2021. Cara pendaftaran dengan mengunjungi situs https://loket.com/event/vaksinasicovid19

Dengan pendaftaran daring, proses vaksinasi bisa dipantau secara efektif dan efisien. Selain itu, upaya ini diharapkan juga bisa mengurangi penumpukan dan kerumunan di Istora, Senayan.

Ketua Satgas Sentra Vaksinasi BUMN sekaligus Koordinator PMO Komunikasi Publik Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Arya Sinulingga menjelaskan, program vaksinasi di Sentra Vaksinasi Bersama dibuka setiap hari. Dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sentra Vaksinasi Bersama akan berlangsung hingga Mei.

“Syaratnya (bagi lansia ber-KTP di luar DKI Jakarta) adalah wajib membawa surat keterangan domisili di wilayah DKI Jakarta,” ujar Arya, dikutip keterangan tertulis, Rabu, 17 Maret 2021.

Cara Pendaftaran Vaksinasi Sentra Bersama bagi Lansia KTP Non-Jakarta

Arya menjelaskan, pendaftaran khusus melalui Loket.com memberlakukan sistem sekali pendaftaran untuk mendapatkan satu tiket. Setelah mengisi formulir secara daring, pendaftar akan mendapatkan e-voucher yang memberikan informasi mengenai jadwal dan jam vaksinasi yang harus dipatuhi.

"Para lansia wajib membawa bukti e-voucher agar dapat diperkenankan masuk ke area Sentra Vaksinasi Bersama BUMN dan wajib hadir tepat waktu sesuai jadwal yang ada di e-voucher. Bagi mereka yang datang di luar jadwal, tidak akan dilayani," ujarnya.

Dia juga mengimbau agar peserta vaksinasi lansia dalam kondisi fit saat akan divaksin. Bagi yang memiliki penyakit komorbid, disarankan untuk memeriksa dahulu kondisinya sebelum datang ke Istora. 

Jika kondisi sedang tidak fit, terutama saat screening vaksinasi, maka akan berakibat pada penundaan dan juga pembatalan pemberian vaksinasi. Sementara bagi peserta yang berobat rutin untuk penyakit kronis, diimbau untuk membawa surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis.

Program vaksinasi nasional covid-19 dalam skala besar diyakini akan mewujudkan terbentuknya kekebalan kelompok. Oleh karenanya, semua pihak diharapkan terus bersinergi dan berkolaborasi untuk dapat mengakselerasi program vaksinasi nasional, sehingga kekebalan kelompok bisa segera tercapai.

"Untuk menuju terbentuknya kekebalan kelompok, selain vaksinasi tetap perlu disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M," kata Arya.

(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id