Protokol 3M Kunci Penyelenggaraan Umrah di Tengah Pandemi

    M Sholahadhin Azhar - 07 Oktober 2020 16:09 WIB
    Protokol 3M Kunci Penyelenggaraan Umrah di Tengah Pandemi
    Ilustrasi Umrah/AFP.
    Jakarta: Gerakan 3M atau memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak merupakan komponen penting protokol kesehatan. Aturan untuk mencegah virus korona (covid-19) itu diutamakan dalam semua aspek, termasuk penyelenggaraan umrah.

    Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengenalkan formula 6-6-3 penyelenggaraan umrah di tengah pandemi covid-19. Penerapan protokol kesehatan wajib di lakukan dalam enam skema pra keberangkatan, enam skema penyelenggaraan, dan tiga tahapan kepulangan.

    "Penyiapan regulasi adalah yang pertama harus dilakukan dari enam tahapan pada fase pra penyelenggaraan," kata Lukman seperti dikutip dari laman Kemenag.go.id, Jakarta, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Menurut dia, penerapan protokol kesehatan harus diterapkan peserta umrah sejak dari rumah mereka, hingga tempat karantina. Protokol kesehatan berupa 3M juga tak boleh ditinggalkan dan tetap dilaksanakan di bandara.

    Baca: Maraknya Covid-19 Tanpa Gejala, Protokol Kesehatan Wajib Dilakukan

    "Mitigasi keenam, protokol dalam pesawat. Harus dipastikan juga bahwa penerbangannya adalah direct flight," kata Lukman.

    Dia menyebut skema penyelenggaraan umrah di Bandara Saudi juga mewajibkan penerapan 3M. Tidak hanya bagi jemaah tapi juga petugas Penyelenggara Perjalanannya Ibadah Umrah (PPIU) yang mendampingi jemaah.

    Penerapan 3M berlanjut hingga di Masjidil Haram, Nabawi, dan kepulangan ke Tanah Air. Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 baru-baru ini mengampanyekan #ingatpesanibu. Pemerintah berharap kampanye ingat pesan ibu efektif mengajak masyarakat disiplin menerapkan 3M.
     
    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id