Survei: Lembaga Legislatif Dianggap Warga Paling Korup

    Candra Yuri Nuralam - 03 Desember 2020 17:46 WIB
    Survei: Lembaga Legislatif Dianggap Warga Paling Korup
    Ilustrasi kasus korupsi. Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Transparency International Indonesia (TII) membeberkan hasil jajak pendapat terkait lembaga dan institusi terkorup di Indonesia. Lembaga legislatif dinilai lebih dari setengah responden sebagai institusi paling korup.

    "Lembaga atau institusi DPR atau anggota legislatif yakni sebanyak 51 persen responden menyebut sebagai lembaga paling korup di Indonesia," kata peneliti dari TII Alvin Nicola dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis, 3 Desember 2020.

    Tingkat kepercayaan masyarakat kepada DPR sebagai lembaga terkorup tahun ini sudah menurun sejak beberapa tahun sebelumnya. Pada tahun 2013, sebanyak 89 persen responden menyebut DPR sebagai lembaga tekorup. Lalu, di 2017 54 persen masyarakat menyebut DPR sebagai lembaga terkorup.

    Lembaga selanjutnya yang dinilai terkorup ialah pemerintah daerah. Sebanyak 48 persen responden menyebut pemerintah daerah merupakan lembaga terkorup.

    "Kemudian ada pejabat pemerintahan yang mendapatkan suara 45 persen sebagai lembaga terkorup di Indonesia pada tahun 2020," ujar Alvin.

    Baca: Bupati dan Ketua DPRD Kutai Timur Jadi Tersangka Korupsi

    Instansi berikutnya yang dinilai terkorup adalah kepolisian. Sebanyak 33 persen responden menyebut Korps Bhayangkara merupakan instansi terkorup di Indonesia.

    "Sebanyak 20 persen responden presiden atau menteri merupakan lembaga atau instansi terkorup," tutur Alvin.

    Sementara itu, pemuka agama dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi instansi terendah mendapatkan suara paling korup di Indonesia. TNI hanya mendapatkan suara delapan persen dari responden, dan pemuka agama hanya mendapat tujuh persen.

    TII melakukan survei mulai dari tanggal 15 Juni sampai 24 Juli 2020 dengan menggunakan metode random digital dialing. Survei ini melibatkan 1.000 orang respon berusia di atas 18 tahun di berbagai daerah Indonesia.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id