Siaran Digital Pertama di Perbatasan Mengudara Hari Ini

    Whisnu Mardiansyah - 31 Agustus 2019 06:51 WIB
    Siaran Digital Pertama di Perbatasan Mengudara Hari Ini
    Metro TV berpartisipasi dalam siaran digital di perbatasan. Foto: Metro TV.
    Nunukan: Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) akan meresmikan siaran digital pertama di perbatasan negara, Nunukan, Kalimantan Utara. Penyediaan siaran digital merupakan wujud nyata Nawacita Pemerintahan Joko Widodo, membangun Indonesia dari pinggiran.

    Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara dipilih menjadi contoh teknologi pertama penyiaran digital dengan tiga lembaga penyiaran publik TVRI, Metro TV, dan satu stasiun televisi swasta yang ditunjuk menjadi penyelenggara sistem multiplexer di wilayah Nunukan. 

    Setelah lebih dulu kehadiran internet cepat berteknologi 4G di Nunukan, ketersediaan siaran digital di Nunukan penting untuk menghindari keterisolasian informasi masyarakat di perbatasan.

    Acara inagurasi siaran digital diresmikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Gor Dwikora, Nunukan, Kalimantan Utara, Sabtu, 31 Agustus 2019. Acara ini akan dihadiri Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie. 

    Secara bersamaan, Menkominfo Rudiantara akan meresmikan siaran digital di wilayah Kabupaten Asmat, Papua, melalui video conference dengan Bupati Asmat. 

    TVRI, Metro TV, dan satu stasiun teve swasta menjadi penyelenggara sistem siaran multiplexer di Nunukan. Ketiga stasiun ini sebelumnya telah menghibahkan alat perangkat set top box sebagai penerima sinyal dari pemancar siaran digital. 

    Set top box berfungsi sebagai sinyal digital yang terhubung dengan sistem pemancar (transmitter) DVB-T2 yang sudah diadopsi di Indonesia sejak 2012. Dengan alat ini, masyarakat bisa menerima siaran digital namun tetap free to air atau tidak berbayar. 

    Siaran digital di perbatasan ini sejalan dengan selesainya seluruh paket Palapa Ring Timur yang dibangun Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Sekaligus mengoneksikan paket Palapa Ring paket Barat dan paket Tengah yang telah lebih dulu beroperasi pada 2018.

    Bukan tanpa alasan pemerintah memilih Kabupaten Nunukan sebagai lokasi peluncuran siaran digital pertama di perbatasan. Telekomunikasi dan penyiaran mempunyai peran yang strategis dalam memperkuat persatuan dan kedaulatan bangsa, menunjang kegiatan perekonomian, serta memiliki peran vital untuk edukasi masyarakat.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id