Potret Terakhir Kebersamaan Jokowi-JK dan Kabinet Kerja

    Desi Angriani - 18 Oktober 2019 15:27 WIB
    Potret Terakhir Kebersamaan Jokowi-JK dan Kabinet Kerja
    Presiden-wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla bersama menteri Kabinet Kerja. Foto: Medcom.id/Desi Angraini
    Jakarta: Kebersamaan Joko Widodo-Jusuf Kalla memimpin Indonesia berakhir hari ini. Perpisahan keduanya digelar bersama anggota Kabinet Kerja di Istana Negara, Jumat, 18 Oktober 2019.

    Momen terakhir kebersamaan itu diawali foto bersama di depan Istana Merdeka. Berbagai pose dan gaya mewarnai sesi foto. 

    Anggota kabinet kemudian beranjak menuju Istana Negara. Mereka dijamu berbagai aneka makanan khas Indonesia. Perpisahan juga diiringi pertunjukan musik.

    Beberapa menteri menyumbangkan suara. Di antaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi serta penampilan khusus dari Elek Yo Band. Grup musik bentukan sejumlah menteri Kabinet Kerja itu terdiri dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menkominfo Rudiantara dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

    Suasana haru dan kebersamaan memenuhi ruangan setelah Jokowi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja keras para pembantunya.

    Potret Terakhir Kebersamaan Jokowi-JK dan Kabinet Kerja
    Perpisahan menteri Kabinet Kerja 2014-2019. Foto: Medcom.id/Desi Angriani. 

    Jokowi tak menyangka anggota kabinet memiliki bakat terpendam. Banyak menteri memiliki suara emas dan kemampuan memainkan alat musik.

    "Lima tahun sudah bekerja bersama sehingga banyak saya belum mengenal bapak-ibu menteri. Kita sering bersama-sama sehingga banyak bakat-bakat khusus yang saya tidak tahu," kata Jokowi disambut tawa.

    Presiden juga meminta maaf kerap mengganggu waktu istirahat para menteri. Ia mengaku sering menghubungi menteri maupun kepala lembaga tengah malam atau menjelang subuh.

    Jokowi menuturkan semua itu dilakukan demi memastikan seluruh informasi dan program pemerintah berjalan tepat waktu. Apalagi saat terjadi bencana, Jokowi tak bisa tidur dan harus menghubungi berbagai kementerian atau lembaga terkait.

    "Pernah saya bangunkan tengah malam ke Pak Tikno (Mensesneg Pratikno), Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto), Kapolri (Jenderal Tito Karnavian), Menkeu Sri Mulyani saya telpon. Itu harus saya lakukan karena negara ini memerlukan kerja keras semuanya," kenang Jokowi.

    Potret Terakhir Kebersamaan Jokowi-JK dan Kabinet Kerja
    Perpisahan menteri Kabinet Kerja 2014-2019. Foto: Medcom.id/Desi Angriani. 



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id