Polisi Tangkap Tangan Pelaku Karhutla di Kalimantan Selatan

    Cindy - 21 September 2019 12:35 WIB
    Polisi Tangkap Tangan Pelaku Karhutla di Kalimantan Selatan
    Ilustrasi - Medcom.id
    Jakarta: Polres Hulu Sungai Selatan menangkap tangan pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Selatan berinisial M, 27. Dia ditangkap di Desa Sungai Kupang, Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, pada Jumat, 20 September 2019 sekitar pukul 17.00 WITA. 

    "Pelaku dengan sengaja membakar dan membuka lahan pertanian untuk bercocok tanam," kata Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Yazid Fanani melalui keterangan tertulis, Sabtu, 21 September 2019. 

    Yazid menuturkan, M ditangkap saat anggota gabungan Polres Hulu Sungai Selatan melakukan patroli Karhutla. Saat itu, tim melihat ada kepulan asap.

    "Kemudian tim mendatangi kepulan asap tersebut dan pada saat sampai di lokasi pelaku sempat melarikan diri," ucap Yazid. 

    Saat M melarikan diri, petugas melakukan pengejaran dan menangkap M. Yazid menyebut M mengaku telah melakukan pembakaran tersebut. 

    "Pelaku membuka lahan seluas 2 ribu meter² dengan cara dibakar yang mana lahan tersebut akan digunakan untuk menanam jagung dan kacang," sambung Yazid. 

    Sementara, api sudah berhasil dipadamkan oleh personil Polres Hulu Sungai Selatan. Pelaku dan barang bukti juga telah diamankan. 

    Barang bukti yang diamankan seperti satu buah mancis berwarna putih, satu bilah senjata tajam jenis parang dan satu buah alat semprot warna biru dengan kapasitas 16 liter berisi air.

    "Pelaku dikenakan Pasal 187 ayat 1 KUHP, karena dengan sengaja menimbulkan kebakaran dan membahayakan bagi umum," tutup Yazid. 





    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id