Kemenkes Gandeng Organisasi Keagamaan Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

    Kautsar Widya Prabowo - 23 Februari 2021 02:07 WIB
    Kemenkes Gandeng Organisasi Keagamaan Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia
    Ilustrasi vaksin covid-19. Medcom.id



    Jakarta: Kementerian Kesehatan menyebut vaksinasi covid-19 untuk kelompok lanjut usai (lansia) dapat digelar secara kolektif. Hal itu untuk memudahkan mobilitas lansia.

    "Pendaftaran (vaksin lansia) bisa dilakukan secara kolektif melalui organisasi, misalanya lewat Nahdlatul Ulama (NU)," ujar juru bicara Kemenkes (Jubir) Siti Nadia Tarmizi dalam diskusi virtual, Senin, 22 Februari 2021.




    Dinas kesehatan (dinkes) di daerah dapat berkoordinasi dengan pengurus NU untuk  pelaksanaan vaksin secara terpusat. Nantinya, akan ditentukan lokasi pelaksanaan vaksin.

    "Kalau jumlahnya kecil bisa langsung ke puskemas, kalau jumlahnya besar bisa kita lakukan sekali di salah satu pesantren kemudian tetap menerapkan protokol kesehatan untuk melakukan penyuntikan," beber dia.

    Ketua Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 Makky Zamzami memastikan pihaknya siap berkerja sama dengan pemerintah untuk menggelar vaksinasi covid-19 bagi lansia. Ia berharap pelaksanaan vaksinasi dapat digelar sehari penuh agar dapat menjangkau peserta vaksin.

    "Kalau lansia itu kan kemungkinan besar pasti ada (komorbid), ketika saat pendaftaran ada tekanan darah tinggi, masukan ke dalam observasi hingga tensinya turun atau diabetesnya selesai. Ini tujuannya kita berharap satu waktu bisa selesai semua, ini saran kami. Insyaallah NU siap membantu mengkolektif," tutur dia.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id