Ribuan Rumah Rusak Akibat Gempa Malang

    Kautsar Widya Prabowo - 11 April 2021 12:17 WIB
    Ribuan Rumah Rusak Akibat Gempa Malang
    Ilustrasi bangunan rusak akibat gempa. Dokumentasi/Antara



    Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat gempa di Malang dan sekitarnya, Jawa Timur, menimbulkan korban jiwa hingga luka-luka. Korban jiwa terbanyak berada di Kabupaten Lumajang dengan lima orang.

    "Perkembangan, Minggu, 11 April, pukul 08.00 waktu setempat BNPB mencatat korban meninggal dunia delapan orang, luka ringan 36, hingga berat tiga orang," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan tertulis, Minggu, 11 April 2021.

    Sementara itu, korban jiwa di Kabupaten Malang sebanyak tiga orang. Gempa magnitudo 6,1 itu juga menyebabkan ribuan rumah warga rusak yang tersebar di 15 kabupaten dan kota.

    "Total rumah rusak dengan kategori berbeda berjumlah 1.189 unit, dengan rincian rusak berat 85 unit, rusak sedang 250, dan rusak ringan 854," paparnya.

    Kerusakan juga dialami fasilitas umum (fasum) sejumlah 150 unit. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang melaporkan rumah rusak ringan 525 unit, rusak sedang 114 unit, dan rusak berat 57 unit.

    Baca: Gempa 5,5 Magnitudo Guncang Malang Minggu Pagi

    Selain itu, kerusakan terjadi pada fasilitas pendidikan sebanyak 14 unit, fasilitas kesehatan delapan unit, tempat ibadah 26, dan jembatan enam titik. BPBD Kabupaten Blitar melaporkan kerusakan rumah rusak ringan 217 unit, rusak sedang 85 unit, dan rusak berat 10 unit. Sedangkan kerusakan fasum kantor sembilan unit dan tiga balai desa.

    Kerusakan lain dilaporkan beberapa BPBD di Jawa Timur, seperti Kabupaten Lumajang, Pasuruan, Trenggalek, Probolinggo, Ponorogo, Jember, Tulunggagung, Nganjuk, dan Pacitan. Kemudian, kota yaitu Blitar, Kediri, Malang, dan Batu.


    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id