Penerapan Protokol Kesehatan Tak Boleh Kendor karena Kehadiran Vaksin

    Kautsar Widya Prabowo - 06 Januari 2021 09:05 WIB
    Penerapan Protokol Kesehatan Tak Boleh Kendor karena Kehadiran Vaksin
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan vaksinasi yang akan dilakukan dalam waktu dekat tidak lantas membuat protokol kesehatan covid-19 bisa diabaikan. Masyarakat harus tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan dalam kehidupan sehari-hari. 

    "Percuma kita melakukan tracing, enggak ada gunanya kalau sudah berkerumun," ujar Tito dalam keterangan tertulis, Selasa, 5 Januari 2021.

    Hal senada disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Doni meminta masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Masyarakat tidak boleh memersepsikan kehadiran vaksin dapat menghentikan penyebaran covid-19 secara singkat. 

    "Vaksin tidak akan seketika menghentikan covid, vaksin tidak akan bisa membuat orang yang tidak divaksin itu juga luput dari covid-19," ujar Doni.

    Baca: 108 Kabupaten/Kota Tak Patuh Jaga Jarak dalam Sepekan Terakhir

    Doni meminta pemerintah daerah (pemda) bekerja keras menambah kapasitas ruang isolasi rumah sakit. Pemda dapat mendirikan posko dari tingkat provinsi sampai kelurahan. 

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan 15 juta vaksin covid-19 tiba di Indonesia pekan depan. Namun, ia tak menyampaikan asal negara pembuat vaksin.

    "Minggu depan akan ada datang lagi 15 juta vaksin dalam bentuk bahan baku yang akan diproduksi oleh PT Bio Farma," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Januari 2021.

    Setelah diproduksi PT Bio Farma menjadi barang siap pakai, vaksin langsung didistribusikan ke daerah. Kedatangan vaksin diharapkan langsung menyambung distribusi vaksin sejak 3 Januari yang mulai disuntikkan pada 13 Januari 2021.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id