Jokowi Tunjuk Kepala BKKBN Tangani Stunting

    Nur Azizah - 25 Januari 2021 15:30 WIB
    Jokowi Tunjuk Kepala BKKBN Tangani Stunting
    Ilustrasi stunting. DOK. MI



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo sebagai penanggung jawab penanganan stunting. Hasto diminta mempercepat penurunan angka stunting hingga 2024.

    "Hari ini, Pak Presiden memberikan amanah kepada BKKBN dengan bentuk perintah untuk BKKBN bisa menjadi ketua pelaksana percepatan penurunan stunting," kata Hasto di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 25 Januari 2021.




    Hasto ditantang menekan angka stunting hingga 14 persen di 2021. Sedangkan, angka stunting masih tinggi pada tahun ini, yakni 27,6 persen. 

    "Ini tantangan yang besar bagi kami karena penurunan stunting selama ini untuk lima tahun terakhir masih sekitar 1,6 persen pertahun," ujarnya.

    Baca: Angka Stunting Diperkirakan Naik Akibat Covid-19

    Hasto mengatakan ada 20 juta bayi yang akan lahir dalam empat tahun ke depan. BKKBN harus mampu menurunkan angka stunting 2,7 persen setiap tahunnya agar target yang diberikan target yang diberikan Presiden tercapai. 

    "Kalau di angka eksisting 27 persen, akan ada hampir sepertiga atau sekitar 7,2 juta yang stunting. Tapi di tahun 2024, kami harus menekan dari 7,2 menjadi 3 juta," ungkapnya.

    Hasto menegaskan BKKBN harus berhasil menekan munculnya kasus stunting baru sebanyak 680 ribu. BKKBN akan gagal memenuhi target Presiden bila kemunculan kasus stunting baru itu tak berhasil ditekan.

    "Tentu dalam hal ini tugas yang tidak ringan. Kami harus menyiapkan struktur di BKKBN, program kerja, dan manajemen di BKKBN," tuturnya. 


    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id