KLHK: Pengelolaan Sampah Indonesia Berkembang Signifikan

    Cindy - 18 Februari 2021 12:55 WIB
    KLHK: Pengelolaan Sampah Indonesia Berkembang Signifikan
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengeklaim pengelolaan sampah di Indonesia berkembang sangat signifikan. Ini terlihat dari peningkatan jumlah bank sampah yang mencapai belasan ribu unit dalam lima tahun terakhir.

    "Pada 2015 data bank sampah di Indonesia berjumlah sekitar 1.075 unit. Kemudian 2020 menjadi 11.330 unit," kata Kepala Sub Direktorat Sampah Spesifik dan Daur Ulang KLHK, Ari Sugasri, lewat diskusi secara daring, Kamis, 18 Februari 2021.




    Dari jumlah tersebut, 242 di antaranya merupakan bank sampah induk dan sisanya 11.088 bank sampah unit. Ari menyebut omzet dari pengelolaan sampah secara nasional sebesar Rp58 miliar per tahun.

    Sementara itu, jumlah anggota bank sampah mencapai 419 ribu nasabah. Anggota bank sampah adalah masyarakat yang peduli terhadap pengelolaan sampah.

    "Saat ini tidak sedikit gerakan sosial yang berasal dari masyarakat peduli terhadap pengelolaan sampah serta keterlibatan sektor informal dalam pengurangan sampah," ucap Ari.

    Baca: Limbah Pasien Covid-19 Mencapai 158,4 Ton per Hari

    Berdasarkan data kajian KLHK, sektor informal menjadi kontributor utama daur ulang plastik dan kertas. Kualitas plastik pascakonsumsi di sektor informal diklaim lebih baik dari sektor pengelolaan sampah lainnya.

    Indonesia akan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ke-6 pada 21 Februari mendatang. KLHK mengambil tema 'Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi'.

    HPSN 2021 bertujuan menyadarkan masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik serta meningkatkan perekonomian bangsa lewat pengelolaan sampah. Sebab, tren timbunan sampah selama pandemi covid-19 cukup mengkhawatirkan.

    "Tahun ini merupakan momentum besar dalam penyadaran kepada kita bahwa sampah dapat menjadi bencana jika tidak dikelola dengan baik," ucap Ari.  

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id