Warga Pendatang di Papua Temui Jokowi

    Damar Iradat - 15 Oktober 2019 12:34 WIB
    Warga Pendatang di Papua Temui Jokowi
    Ketua Paguyuban Sulawesi Selatan Mansur (tengah). Foto: Damar Iradat/Medcom.id
    Jakarta: Perwakilan dari paguyuban warga pendatang di Papua menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Mereka menyampaikan keluhannya terkait kondisi di Papua dan Papua Barat yang sempat memanas.

    "Kita mendukung semua pihak, termasuk pemerintah daerah untuk membuat suasana yang tentram, aman, kondusif dalam menjalankan kehidupan aktivitas sosial, kemasyarakatan di Papua," kata Ketua Paguyuban Sulawesi Selatan Mansur usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019.

    Warga pendatang tak ingin kerusuhan terulang di Papua dan Papua Barat. Mereka meminta aparat berhenti bertindak sewenang-wenang, dan menuntaskan semua masalah pelanggaran di semua lini. 

    Mansur mengajak warga Papua maupun pendatang kembali menciptakan suasana persaudaraan. Semua pihak harus mendukung kehidupan masyarakat yang aman, tertib, dan damai. 

    "Papua harus damai. Papua untuk semua, semua untuk Papua," ungkap dia.

    Mansur merasa wajar ada yang kembali ke kampung halamannya. Mereka masih trauma dengan tragedi di Wamena. "Itu sementara saja, dan insyaallah akan kembali seperti semula," ungkap dia.

    Mansur menyampaikan, Presiden berpesan agar masyarakat bisa tenang dan kembali bersatu. Jokowi meminta masyarakat menciptakan kedamaian dan ketentraman di Papua. 

    "Beliau juga segera berkunjung ke Wamena dan Jayapura. Dalam waktu dekat," jelas Mansur.

    Mansur tidak mengetahui kapan Jokowi bakal mengunjungi Papua. Namun, Jokowi akan melihat langsung kondisi masyarakat di Papua.

    Ada 14 perwakilan paguyuban warga pendatang di Papua yang hadir dalam pertemuan ini. Di antaranya Paguyuban Sulawesi Selatan, Paguyuban Jawa-Madura, Paguyuban Kawanua, Paguyuban Sriwijaya, Paguyuban Minang Saia, Paguyuban Maluku Utara, Paguyuban Jawa Barat, dan Paguyuban Papua.

    "Semua yang berdomisili di Papua," ujar dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id