Keluarga Mbah Moen Ziarah ke Ma'la Makkah

    Misbahol Munir - 08 Agustus 2019 20:06 WIB
    Keluarga Mbah Moen Ziarah ke Ma'la Makkah
    Keluarga Mbah Moen didampingi Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi berziarah ke Ma'la Makkah. Foto: Dok/Istimewa
    Jakarta: Sejumlah putra almarhum KH Maimun Zubair berziarah ke makam di Ma'la Makkah. Selain itu turut serta Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi.

    Mereka secara khusus berziarah ke makam Mbah Moen di Komplek pemakaman Ma'la di Makkah. Putra-putra Mbah Moen yang tampak turut serta berziarah yakni Taj Yasin Maimoen Zubair (Wakil Gubernur Jawa Tengah), Kamil Maimoen Zubair, Gus Rouf, Ning Rodiyah serta Gus Zuhrul Anam.

    "Alhamdulillah, kami dapat berziarah ke makam Mbah Moen di Ma'la, Kamis (8/8/2019) pagi," kata Wakil Ketua Umum Arwani Thomafi.

    Rombongan putra Mbah Moen bertolak dari Indonesia pada Rabu, 7 Agustus 2019.

    "Rabu pagi kami bertolak dari Soekarno-Hatta, alhamdulillah walaupun mendadak persiapan cuman kurang dari sehari tetapi semua dimudahkan sampai di Makkah" tambah Arwani.  

    Baca juga: Mbak Moen Pejuang Politik Umat

    Menurut Arwani, wafatnya Mbah Moen, selain menjadi perhatian dari publik di tanah air, juga mendapat perhatian masyarakat di Makkah, Arab Saudi.

    "Saat kami naik taksi dari Masjidil Haram ke Ma'la, sopir bercerita ada tokoh dari Indonesia yang meninggal dunia dan ramai yang mengantar dalam pemakamannya, putra Mbah Moen menjawab itu ayah saya," cerita Arwani.

    Rombongan keluarga juga akan mengagendakan silaturahmi ke kediaman Sayid Alawy bin Abbas bin Alaway Al-Maliky yang notabene cucu guru Mbah Moen. "Kami rencana akan sowan ke Sayid Alaway bin Abbas bin Alaway al-Maliky, cucu dari guru Mbah Moen," kata dia.

    Baca juga: Angkatan Muda Kristen Sebut Mbah Moen Panutan Lintas Golongan

    Seperti diketahui KH Maimun Zubair alias Mbah Moen berangkat ibadah haji pada 28 Juli 2019 dengan ditemani istri almarhum. Sementara putra-putri Mbah Moen tidak turut serta menemani keberangkatan haji ke Makkah.

    Mbah Moen adalah Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah sekaligus Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Ia menghembuskan napas terakhir di salah satu rumah sakit di Makkah, Arab Saudi.
     
    Mbah Moen wafat di usia 90 tahun. Dia lahir di Rembang, Jawa Tengah, pada 28 Oktober 1928. Ia  dikenal sebagai sosok yang setia dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meski NU pada 1998 mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Di partai berlambang Kakbah itu, Mbah Moen tercatat sebagai Ketua Majelis Syariah PPP.
     
    Mbah Moen juga sempat aktif di dunia politik dengan menjadi anggota DPRD Rembang selama tujuh tahun. Dia kemudian berkonsentrasi mengurus pondok setelah masa tugasnya selesai.





    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id