comscore

Intoleransi di Indonesia Capai 54 Persen, Ini Penyebabnya

MetroTV - 29 Oktober 2021 15:34 WIB
Intoleransi di Indonesia Capai 54 Persen, Ini Penyebabnya
Direktur Jaringan Gusdurian Alissa Wahid. Metro TV.
Jakarta:  Hasil survei Wahid Institute menunjukkan tren sikap intoleransi di Indonesia cenderung meningkat dari 46 persen menjadi 54 persen. Direktur Jaringan Gusdurian Alissa Wahid mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan fenomena tersebut.

"Pertama, berkembangnya paham keagamaan yang agak jauh dengan kecintaan Indonesia. Yang merasa bahwa ketika saya semakin alim beragama itu tidak boleh ber pancasila," ucap Alissa dalam Editorial MI Metro TV, Jumat, 29 Oktober 2021.

 



Selain itu, intoleransi ini juga disebabkan oleh efek desentralisasi. Ia  menyebut pemilihan kepala daerah secara langsung membuat pemerintah daerah dan warganya hanya melihat dari sudut pandang mayoritas yang sempit.

"Ada yang menarik, ketika ada satu daerah yang mayoritas muslim, lalu menolak pendirian gereja. Sebaliknya ada juga yang daerah mayoritas kristen menolak pendirian masjid. Nah, kalau kita lihat disini, Pemda hanya melihat dari kacamata daerahnya saja," jelas dia.

Terakhir, menurut Alissa, intoleransi juga menjamur akibat adanya kepentingan politik yang dibungkus dalam urusan keagamaan. Hal ini menimbulkan polarisasi kuat dan gesekan antar umat beragama. (Mentari Puspadini)

(CIN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id