Pendaftaran CPNS BPIP Ditutup 4 Hari Lagi, Masih Tersedia Formasi Sepi Peminat

    M Studio - 17 Juli 2021 21:07 WIB
    Pendaftaran CPNS BPIP Ditutup 4 Hari Lagi, Masih Tersedia Formasi Sepi Peminat
    Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2021 Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan ditutup pada 21 Juli (Foto:Antara/Asep Fathulrahman)



    Jakarta: Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2021 Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan ditutup  empat hari lagi, yaitu pada 21 Juli.
     
    Tahun ini, BPIP membuka 64 formasi CPNS. Formasi tersebut yaitu Sekretariat Utama sebanyak 9 orang, selebihnya tersebar di Kedeputian Teknis. Formasi terbanyak di Kedeputian Pendidikan dan Pelatihan yang mendapatkan alokasi 25 CPNS.
     
    “Tahun ini, kita jumlah formasinya tidak jauh dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, kita mendapatkan alokasi hanya 60 formasi dan tahun ini 64 formasi," ucap Kepala Biro Umum dan Sumber Daya Manusia BPIP Tri Purno Utomo, melalui siaran pers, Sabtu, 17 Juli 2021.
     
    Hingga hari ini, jumlah pelamar yang mengisi formulir sebanyak 4.242 orang dari seluruh formasi. Pelamar yang telah mengunggah dokumen sebanyak 2.154 orang.
     
    “Meskipun demikian, jumlah pelamar ke BPIP selalu banyak, mencapai lebih dari 4 ribu pelamar," kata Tri.
     
    Pada tahun 2021, jabatan yang paling diminati pelamar yaitu Analis Kurikulum dan Pembelajaran pada deputi Pendidikan dan Pelatihan, dengan jumlah pelamar 2.706 orang.
     
    Kemudian, jabatan berikutnya yang paling diburu ialah Analis Penelitian dan Pengembangan dengan jumlah pelamar 385 orang. Jabatan selanjutnya yang terbanyak dilirik pelamar yakni Analis Penyuluhan dan Layanan Informasi (243 orang), Ahli Pertama Widyaiswara (219 orang), dan Ahli Pertama Pranata Komputer (215 orang).
     
    “Diprediksi jumlah tersebut akan terus bertambah hingga penutupan pendaftaran pada 21 juli 2021," ujar Tri.
     
    Selain jabatan yang paling diburu pelamar tersebut rupanya banyak jabatan yang sepi peminat, yaitu Pengelola Pengkajian dan Penelaah Hukum (3 orang), Pengelola Informasi Produk Hukum (7 orang), Pengelola Penyelenggaraan Diklat (10 orang), Pranata Diklat (10 orang), Perancang Grafis (14 orang), dan Pengadministrasian (17 orang).
     
    Berdasarkan data yang dirilis Bagian Sumber Daya Manusia BPIP, jabatan yang sepi peminat berasal dari beberapa kualifikasi Pendidikan, meliputi D-III Manajemen Perkantoran/ D-III Tata Perkantoran/ D-III Administrasi Perkantoran / D-III Psikologi/ S-1 Manajemen Pendidikan/ D-IV Administrasi / D IV Manajemen/ S-1 Ekonomi/ S-1 Manajemen/ D-IV Manajemen Pendidikan/ S-1 Psikologi/ S-1 Administrasi/ D-IV Ekonomi dan kualifikasi Pendidikan dari rumpun ilmu multimedia atau grafis.
     
    Setelah penutupan pendaftaran, selanjutnya akan dilakukan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada 25 Agustus 2021. Lokasi pelaksanaan SKD dilangsungkan di sejumlah daerah. Selain di Badan Kepegawaian Negara Jakarta juga akan diselenggarakan di Pekanbaru, Yogyakarta, Denpasar, dan Makassar.
     
    Terkait maraknya penipuan penerimaan CPNS, Tri mengingatkan masyarakat untuk waspada dan tak mudah percaya.
     
    "Masyarakat diimbau agar berhati-hati terhadap berita bohong, bahkan penipuan tentang penerimaan CPNS terutama di lembaga BPIP. Jika ingin mendapatkan informasi valid, silakan mengunjungi website bpip.go.id dan media sosial resmi BPIP (Instagram @BPIPRI, Twitter @BPIPRI)," kata Tri.

    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id