comscore

Ribut Harga PCR, Intip Harga Tes PCR di Negara Besar Lainnya

Cindy - 14 Agustus 2021 13:27 WIB
Ribut Harga PCR, Intip Harga Tes PCR di Negara Besar Lainnya
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta: Beberapa hari ke belakang masyarakat Indonesia tengah meributkan soal harga tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di Tanah Air lebih mahal ketimbang harga PCR di India. Pasalnya, negeri Bollywood ini hanya menetapkan 500 rupee atau setara Rp96 ribu untuk tes PCR. 

Sementara di Indonesia, berdasarkan Surat Edaran Nomor HK. 02.02/I/3713/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Real Time (RT) PCR termasuk pengambilan swab sebesar Rp900 ribu. Lalu bagaimana dengan harga tes PCR di negara lainnya?
Nyatanya, harga tes PCR tertinggi berada di Kansai, Jepang. Harga tes PCR di salah satu kota besar di negeri sakura itu mencapai Rp5,8 juta.

Peringkat kedua harga PCR tertinggi yakni Kota Helsinki, Finlandia seharga Rp4,5 juta. Kemudian di posisi ketiga Stockholm, Swedia dengan harga Rp4,1 juta. 

Baca: Membandingkan Harga PCR Indonesia dengan India Dinilai Tak Tepat

Selanjutnya, di Tokyo Narita dengan harga Rp3,8 juta, dan San Francisco, Kalifornia dengan harga Rp3,7 juta. Kemudian, Centrair Nagoya dengan harga Rp3,6 juta. 

Harga tes PCR merosot jauh di angka Rp2,5 juta di New York, Amerika Serikat. Diikuti Copenhagen, Denmark dengan harga tes PCR sebesar Rp2,2 juta dan Zurich, Swiss dengan harga Rp2,1 juta. 

Harga tes PCR di kota-kota besar seperti Amsterdam, London, Los Angeles juga berkisar antara Rp1-2,2 juta. Kemudian di negara Asia seperti Singapura mematok harga Rp1,7 juta untuk tes PCR. 

Sedangkan, di Seoul, Korea mematok harga Rp1 juta. Jika dibandingkan dengan negara-negara tersebut harga tes PCR di Indonesia terbilang cukup murah.

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id