Basarnas Kerahkan Tim Penyelam Cari Korban Kapal Tenggelam di Kalbar

    MetroTV - 22 Juli 2021 20:54 WIB
    Basarnas Kerahkan Tim Penyelam Cari Korban Kapal Tenggelam di Kalbar
    Ilustrasi kapal tenggelam. Foto: Dok/Medcom



    Pontianak: Memasuki hari kesembilan tim penyelam dikerahkan dalam pencarian korban kapal tenggelam di Kalimantan Barat. Tim penyelam merupakan gabungan dari tim selam search and rescue (SAR) Pontianak, tim penyelam Sabhara, SAR Brimob Polda Kalimantan Barat serta Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI).

    Gabungan tim penyelam akan menuju ke dua titik di sekitar wilayah ditemukannya kapal. Ini dilakukan untuk mengecek dan mengevaluasi kemungkinan korban yang terperangkap di dalam kapal.

     



    "Tim selam ini akan menuju ke dua titik terutama yang kami curigai yaitu di sekitar wilayah kapal yang ditemukan dalam kondisi terbalik," jelas Kepala Basarnas Pontianak Yopi Haryadi dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Kamis, 22 Juli 2021.

    Dilakukan juga penyisiran di sekitar pantai sejauh kurang lebih 150 kilometer dari perairan Jungkat. Penyisiran pantai dibantu Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) dari Kodam XII Tanjungpura.

    Heli bell 429 serta pesawat maritim dari TNI yaitu Casa 212 sudah dikerahkan untuk membantu pencarian sejak Kamis, 22 Juli 2021 pagi. Pesawat tersebut nantinya akan bergantian dengan pesawat ATR Patroli Maritim milik Kementerian Kelautan dan Perikanan.

    "Jadi pada hari ini kita mengerahkan 3 unsur udara, selain unsur laut yang bergerak di wilayah perairan hingga sampai dengan perairan Natuna," jelas Yopi.

    Belum ada penambahan penemuan korban di hari kesembilan pencarian ini. Namun, dari 24 jenazah yang berhasil dievakuasi oleh tim SAR kemarin, 12 di antaranya masih belum teridentifikasi.

    "Masih banyak pihak keluarga yang belum datang dan untuk mendapatkan atau membantu proses identifikasi,” kata Yopi. (Widya Finola Ifani Putri)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id