PMI Tetap Layani Donor Darah di Tengah Pandemi Korona

    Sri Yanti Nainggolan - 24 Maret 2020 14:44 WIB
    PMI Tetap Layani Donor Darah di Tengah Pandemi Korona
    Petugas memeriksa darah di Laboratorium PMI Kota Yogyakarta, Kotagede, DI Yogyakarta, Senin, 23 Maret 2020. Foto: Antara/endra Nurdiyansyah
    Jakarta: Palang Merah Indonesia (PMI) tetap melayani donor darah di saat imbauan jaga jarak (social distancing) diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19). Namun, jumlah donor dibatasi agar tak ada kerumuman. 

    "Dalam sehari kurang dari 30 orang (donor)," kata Humas Unit Donor Darah PMI Pusat Lilis Widjaya saat dihubungi, Selasa, 24 Maret 2020. 

    Menurut dia, PMI terus melayani komunitas yang ingin donor darah. Dia mencontohkan unit mobil akan mendatangi ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan jumlah donor 20 orang. 

    Selain itu, PMI bekerja sama dengan TNI dan Polri yang meminta anggotanya menjadi donor darah. Kedua institusi bisa mengirim 15 orang dalam sehari.

    PMI Tetap Layani Donor Darah di Tengah Pandemi Korona
    Warga mendonorkan darahnya di mobil unit darah keliling PMI Kota Bogor di Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis, 5 Maret 2020. Foto: Antara/Arif Firmansyah

    Baca: Pandemi Korona Menyerang, Stok Darah Berkurang

    Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) mengimbau masyarakat tetap menyumbangkan darah untuk kebutuhan masyarakat di tengah wabah korona. Namun, pengambilan darah harus tetap memperhatikan aspek kewaspadaan.

    "Masyarakat yang sehat tetap bisa donor darah ke Unit Donor Darah (UDD) PMI terdekat secara rutin," jelas JK melalui keterangan tertulis, Rabu, 18 Maret 2020. 



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id