120 Personel Damkar Kawal Desinfeksi Korona

    Theofilus Ifan Sucipto - 22 Maret 2020 10:06 WIB
    120 Personel Damkar Kawal Desinfeksi Korona
    Petugas desinfeksi di salah satu stasiun MRT di Jakarta Pusat, Minggu, 22 Maret 2020. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Jakarta: Sebanyak 120 petugas pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan mengawal proses desinfeksi virus korona (covid-19) di Jakarta Pusat. Petugas disebar ke beberapa lokasi di pusat Ibu Kota.

    "Ada di sembilan titik di Jakarta Pusat," kata Kelala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Asril Rizal di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu, 22 Maret 2020. 

    Menurut dia, penyemprotan disinfektan berlangsung dari Gedung Indosat mengarah ke Stasiun Dukuh Atas. Setelah itu, regu desinfeksi memutar balik ke arah Gedung Indosat. 

    "Nanti (petugas) membantu juga di halte," ujar dia. 

    Selama proses ini, kata dia, pihaknya bekerja sama dengan beberapa instansi. Dinas Kesehatan DKI Jakarta, TNI, Polri, hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  dilibatkan. 

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyemprot disinfektan di beberapa wilayah Ibu Kota, hari ini. Kegiatan ini dijalankan untuk mengantisipasi penyebaran virus korona.

    Pemprov mengerahkan personel Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan,  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, dan Dinas Perhubungan. Polisi, prajurit TNI, hingga petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU), turut dilibatkan.

    120 Personel Damkar Kawal Desinfeksi Korona
    Penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus korona di salah satu stasiun MRT Jakarta, Minggu, 11 Maret 2020. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto


    Baca: Pemprov DKI Akan Desinfeksi Sejumlah Jalan Besar

    "Desinfeksi ini akan digelar serentak di lima wilayah kota pada hari Minggu mulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Jakarta Saefullah melalui keterangan tertulis, Sabtu, 21 Maret 2020.

    Di Jakarta Pusat, desinfeksi dimulai dari kawasan Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda sampai dengan Taman Budaya Dukuh Atas. Stasiun Sudirman, Stasiun Bandara BNI, Gambir, dan Senen juga ikut disterilkan.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id