Pemulihan Sungai Citarum Ditargetkan Rampung 7 Tahun

    Intan Yunelia - 27 Januari 2018 04:07 WIB
    Pemulihan Sungai Citarum Ditargetkan Rampung 7 Tahun
    Kondisi aliran Sungai Citarum, Kabupaten Bandung, dengan sampah bertebaran, Selasa 23 Januari 2018, Medcom.id - Octa



    Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melaksanakan rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI tanggal 24 Januari 2018 lalu. Dari hasil rapat, semua sepakat pemulihan sungai Citarum rampung dalam waktu tujuh tahun.

    "Semoga pemulihan itu bisa selesai. Dan diharapkan lebih cepat lebih bagus supaya bisa di deklarasikan 15 DAM lainnya," terang Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Djati Witjaksono Hadi saat ditemui Medcom.Id, Jumat, 26 Januari 2018.

     



    Menurut Djati, rapat kerja kemarin hanya dikhususkan untuk membahas penanganan sungai citarum. Hal ini disampaikan Anies setelah banyaknya media menyorot kasus tersebut.

    “Citarum menjadi pembahasan sungai paling kotor di Indonesia dan bahkan dilirik oleh Negara luar. Sebenarnya relative namanya juga pemberitaan dari media social," ucap Djati.

    Dia mengklaim, sudah banyak pihak yang mengunjungi sungai Ciarum untuk membahas penanganan sungai. Apa lagi kementerian ekonomi menjadi tonggak dalam sektor-sektor lain.

    “Kementerian ekonomi memang terkait dalam hal itu tapi nanti disatukan dan dikomandoi oleh menteri perekonomian itu sendiri dan digerakkan oleh masing-masing sektor,” ujarnya

    Djati menjelaskan, nantinya sektor yang dibagi itu meliputi kehutanan yang akan fokus pada perbaikan daerah hulu sungai dan bertanggung jawab dengan air yang masuk ke sungai dan bebas erosi.

    “Artinya harus lebih banyak air yang meresap kedalam tanah. Intinya harus banyak pohon yang ditanam di sepanjang sungai,” ungkap Djati.

    Hal yang dilakukan agar mengurangi erosi yaitu pernanaman vegetative yang gunanya untuk menghambat terjadinya erosi dengan cara menanam pohon yang cukup kuat untuk mengatasi erosi tanah di dalam sungai.


    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id