comscore

Libur Nyepi, Kawasan Puncak Diterapkan Ganjil Genap

Insi Nantika Jelita - 03 Maret 2022 12:35 WIB
Libur Nyepi, Kawasan Puncak Diterapkan Ganjil Genap
Ilustrasi pintu tol Gadok. Foto: NTMC Polri
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan pelaksanaan ganjil genap di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, tetap dilaksanakan pada libur Hari Raya Nyepi, Kamis, 3 Maret 2022. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan telah berkoordinasi dengan Polres Bogor.

"Seperti yang kita ketahui bahwa sebelumnya kawasan Puncak, Bogor mengalami kemacetan yang cukup lama pada periode libur panjang lalu," kata Budi dalam keterangan resmi, Kamis, 3 Maret 2022.
Kemenhub mengimbau masyarakat tidak berlibur ke kawasan Puncak. Ini agar tidak terjadi kemacetan panjang kembali di kawasan wisata favorit itu.

"Selain itu di kawasan Puncak juga diberlakukan kebijakan ganjil genap yang dalam pelaksanaannya dibantu oleh Kepolisian," jelas Budi.

Baca: Polda Metro Antisipasi Arus Balik Libur Nyepi

Kebijakan ganjil genap ini berlaku pada hari libur nasional maupun akhir pekan biasa. Aturan  tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 84 Tahun 2021 Tentang Pengaturan Lalu Lintas di Ruas Jalan Nasional Ciawi-Puncak Nomor 074 dan Ruas Jalan Nasional Puncak-Batas Kota Cianjur Nomor 075.

Selain ganjil genap, Kemenhub juga menyiapkan opsi lain pengaturan lalu lintas di Puncak. Contohnya, contraflow maupun buka tutup jalur bekerja sama dengan Kepolisian.

"Ketentuan kebijakan lainnya akan mengikuti diskresi dari kepolisian atau situasional tergantung dari kondisi di lapangan," ucap Budi.

Sesuai hasil koordinasi dengan Satlantas Polres Bogor, diperoleh informasi bahwa hari ini juga perlu diantisipasi adanya kepadatan dari sekitar kawasan Puncak hingga jalur Cianjur karena perayaan keagamaan.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id