comscore

Ini Ketentuan Terbaru PPKM Luar Jawa Bali

Achmad Zulfikar Fazli - 12 April 2022 06:30 WIB
Ini Ketentuan Terbaru PPKM Luar Jawa Bali
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Pemerintah memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) luar Jawa Bali mulai 12-25 April 2022. Sejumlah ketentuan diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 21 Tahun 2022 selama masa perpanjangan PPKM.

Terdapat penyesuaian jam dan kapasitas operasional fasilitas umum. Contohnya, pengaturan tempat ibadah di daerah dengan status PPKM level 3 maksimal 50 persen pengunjung dari total kapasitas, level 2 maksimal 75 persen, dan level 1 boleh 100 persen.
“Namun khusus untuk daerah yang berada di Level 3, kami imbau untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan ibadah di rumah masing-masing sesuai dengan pengaturan teknis dari Kementerian Agama,” ujar Dirjen Bina Adwil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal, Selasa, 11 April 2022.

Pemerintah juga menyesuaikan jam operasional tempat publik. Pusat perbelanjaan atau pusat perdagangan dan tempat makan atau minum atau restoran atau kafe di level 2 dapat beroperasi sampai dengan maksimal pukul 22.00 waktu setempat.

Sementara itu, bioskop dapat beroperasi dengan hanya memperbolehkan pengunjung berstatus hijau dan kuning. Kapasitas penonton sesuai dengan level PPKM di setiap daerah.

Baca: Mulai Menghijau, PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang hingga 25 April

Dalam perpanjangan PPKM di luar Jawa Bali juga dilakukan pengaturan terkait pelaksanaan pertandingan olahraga. Khususnya, penekanan untuk melakukan skrining kepada seluruh pemain, ofisial, kru media, staf pendukung, termasuk penonton, dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi di tempat kompetisi ataupun keluar masuk di tempat latihan.

Diatur pula terkait vaksinasi minimal dosis kedua dan hasil negatif antigen pada hari pertandingan apabila akan datang langsung ke tempat pertandingan.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id