Baznas Kumpulkan Rp54 Miliar di Ramadan 1439H

Damar Iradat - 14 Juni 2018 14:38 wib
Deputi Baznas Arifin Purwakananta--Istimewa
Deputi Baznas Arifin Purwakananta--Istimewa

Jakarta: Target penerimaan zakat pada Ramadan 1439 oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di tingkat pusat telah melampaui target. Baznas di tingkat pusat telah menghimpun total zakat hingga Rp54 miliar pada hari terakhir Ramadan kali ini. 

Deputi Baznas Arifin Purwakananta mengatakan, hingga siang ini, Baznas telah menghimpun hingga Rp54 miliar lebih. Ia berharap, hingga nanti pengumpulan zakat berakhir, zakat yang diterima bisa mencapai Rp56 miliar.

"Sampai siang ini kami telah melewati pengumpulan Rp54 miliar itu. Kami harap naik sampai Rp56 miliar lebih, sehingga zakat yang terima di pusat adalah 40 persen kenaikannya," kata Arifin saat dihubungi Medcom.id di Jakarta, Kamis, 14 Juni 2018.

Baca: Jokowi Bayar Zakat Rp50 Juta via Baznas

Sementara itu, di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, penerimaan zakat Baznas pada Ramadan kali ini mencapai Rp3 triliun. Zakat itu dihimpun dari 500 kantor lembaga, mulai dari Baznas Pusat, Baznas Provinsi, Baznas Kabupaten-Kota, dan lembaga amil zakat lain yang terdaftar.

Angka itu melebihi target penerimaan zakat tahun lalu yang hanya Rp2 triliun pada bulan Ramadan. Sementara itu, untuk target sepanjang tahun 2018, Baznas menargetkan mencapai penerimaan zakat hingga Rp8 triliun.



Arifin mengatakan, penerimaan zakat tahun ini yang melebihi target tak lepas dari animo masyarakat yang cukup tinggi terkait zakat. 

"Ini cerminan animo yang tinggi dari masyarakat terhadap Baznas. Kalau di tingkat nasional rata-rata naiknya 20 persen," tandasnya.


(YDH)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.