Tol Cisumdawu Diproyeksikan Selesai Akhir 2021

    Nur Azizah - 29 Maret 2021 19:01 WIB
    Tol Cisumdawu Diproyeksikan Selesai Akhir 2021
    Suasana Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, Jawa Barat/Antara/Dedhez Anggara



    Jakarta: Pembangunan Tol Cisumdawu yang menghubungkan Kota Bandung ke Bandara Kertajati diperkirakan akan tuntas pada Desember 2021. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kehadiran Tol Cisumdawu bakal mendorong pergerakan penumpang di Bandara Kertajati.

    "Kertajati sebagai suatu bandara akan menjadi lengkap karena Tol Cisumdawu. Artinya, pergerakan penumpang ke Bandara Kertajati akan menjadi lebih baik setelah Desember 2021," kata Budi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 29 Maret 2021.






    Baca: Bandara Kertajati Diusulkan Jadi Tempat Perawatan Pesawat TNI

    Pengembangan kawasan Kertajati berkaitan dengan pengembangan metropolitan Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan akan hadir 13 kota industri baru di kawasan tersebut.

    "Beberapa di antaranya adalah Patimban dengan kota maritimnya dan Kertajati dengan konsep aerocity," ujar Ridwan Kamil di lokasi yang sama.

    Pria yang akrab disapa Emil ini menyampaikan pengembangan kawasan Rebana dapat meningkatkan perekonomian hingga satu persen. Nantinya, pembangunan ini akan diatur dalan Peraturan Presiden.

    "Bapak Presiden setuju dan akan mem-follow up melalui Perpres Percepatan Pembangunan Jawa Barat untuk menjadi dasar hukum pemerintah pusat melakukan intervensi infrastruktur di kawasan itu," tutur Emil. 

    Seiring dengan pembangunan Tol Cisumdawu, pemerintah berencana memanfaatkan Bandara Kertajati sebagai lokasi maintenance, repair, and overhaul (MRO) pesawat TNI. Ini dilakukan untuk mendukung bisnis dari sektor penumpang dan kargo. 

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id