Pengaruh Mutasi Virus Covid-19 Terhadap Efikasi Vaksin Dinamis

    Theofilus Ifan Sucipto - 01 Juni 2021 17:32 WIB
    Pengaruh Mutasi Virus Covid-19 Terhadap Efikasi Vaksin Dinamis
    MGN Summit Indonesia 2021: Publick Heath-Vaccine What to Expect varian baru virus covid-19. (Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)



    Jakarta: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan mutasi virus covid-19 memiliki pengaruh terhadap efikasi atau daya guna vaksin. Namun, pengaruh itu bersifat dinamis.

    "Pengaruh varian terhadap efikasi masih bersifat sementara dan masih bisa berubah tergantung hasil studi lanjutan," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 1 Juni 2021.

     



    WHO juga mencatat empat jenis varian yang menjadi perhatian. Varian itu, yakni B117 dari Inggris, B1351 dari Afrika Selatan, B11281 atau P1 dari Brasil dan Jepang, serta B1617 dari India.

    Wiku menyebut varian itu menjadi perhatian karena mengalami perubahan karakteristik baik satu atau lebih. Mulai dari bersifat lebih menular, menimbulkan gejala lebih parah, hingga menurunkan efikasi vaksin.

    WHO menyatakan varian B117 memengaruhi efikasi vaksin AstraZeneca. Kemudian varian B1351 memengaruhi efikasi vaksin Moderna, Pfizer, AstraZeneca, dan Novavax.

    Baca: 46 Kasus Varian Mutasi Covid-19 Terdeteksi di Indonesia

    Sementara itu, varian P1 dan B1617 masing-masing memengaruhi efikasi Moderna dan Pfizer. Perubahan efikasi terjadi karena seluruh vaksin yang dikembangkan menggunakan virus yang ditemukan di Wuhan, Tiongkok.

    "Namun, perubahan efikasi vaksin atau kemampuan vaksin untuk mencegah penyakit pada penerima vaksin tidak membuat besar efikasi turun di bawah 50 persen," tegas Wiku.

    Wiku mengatakan WHO menetapkan standar minimal efikasi vaksin covid-19 sebesar 50 persen. Bahkan, beberapa vaksin di antaranya memiliki efikasi di atas 90 persen.

    "Fakta ini patut menjadi pengetahuan bagi banyak pihak dan diharapkan dapat jadi dasar untuk bersikap lebih siaga dan antisipatif terhadap penularan covid," kata dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id