Indonesia Optimistis Capai Target Penggunaan Kendaraan Ramah Lingkungan di 2024

    MetroTV - 30 Juli 2021 20:47 WIB
    Indonesia Optimistis Capai Target Penggunaan Kendaraan Ramah Lingkungan di 2024
    Ilustrasi kendaraan ramah lingkungan. Foto: Dok/New Star Media



    Jakarta: Sektor industri otomotif di Indonesia telah berkomitmen mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan dan rendah emisi. Hal ini dicetuskan dalam dokumen Long-term Strategy on Low Carbon and Climate Resilience 2050 (LTS-LCCR 2050).

    Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) M Risal Wasal menjelaskan, kendaraan dinas dan operasional ditargetkan akan berbasis listrik di tahun 2024 mendatang. Target yang sama ditetapkan pada angkutan umum di perkotaan.

     



    "Di Jakarta bahkan sudah dimulai. Di 2030, kita menargetkan 90% angkutan umum menggunakan angkutan berbasis listrik,” kata Risal dalam tayangan Newsline Bisnis Metro TV, Jumat, 30 Juli 2021.

    Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menyatakan, siap mengikuti arahan pemerintah guna meningkatkan produksi kendaraan ramah lingkungan.

    Baca juga: Transportasi Ramah Lingkungan Diulik Tuntas di Indonesia Green Summit 2021

    "Kita akan mempergunakan Euro 4 di bulan April tahun depan, bahan bakarnya juga kalau bisa dipergunakan yang sama," jelas Yohannes dalam tayangan yang sama.

    Chief Strategy Officer Blue Bird Paul Soegianto menegaskan, pemerintah harus benar-benar fokus membantu dalam pengembangan sektor industri otomotif guna mencapai target yang telah dicanangkan.

    "Target pemerintah itu sangat jauh. Tapi sangat menarik, dimana nanti pemerintah bisa memberikan insentif, pengarahan dan regulasi," ujar Paul dalam tayangan yang sama.

    Namun, hingga kini, Data Gaikindo menyebutkan, penjualan mobil konvensional sebanyak 532 ribu unit. Sedangkan, penjualan mobil berbasis listrik hanya mencapai 448 unit per Juni 2021. (Nadia Ayu)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id