Keselamatan Pelayaran Labuan Bajo Ditingkatkan

    Kautsar Widya Prabowo - 20 September 2019 16:41 WIB
    Keselamatan Pelayaran Labuan Bajo Ditingkatkan
    Direktur Jenderal Hubungan Laut (Dirjen Hubla) Agus H Purnomo. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
    Labuan Bajo: Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berupaya mendorong peningkatan wisatawan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Salah satu langkah yang dilakukan dengan menggelar kampanye keselamatan pelayaran terhadap masyarakat sekitar. 

    Direktur Jenderal Hubungan Laut (Dirjen Hubla) Agus H Purnomo mengatakan Labuan Bajo termasuk 10 destinasi Bali Baru yang dikembangkan pemerintah. Keselamatan pengunjung yang menggunakan kapal untuk menjangkau lokasi wisata pun sangat penting.

    "Kami berpesan stakeholder, Kementerian Perhubungan, keselamatan sangat dijaga. Ini destinasi wisata, jangan sampai ada kecelakaan kapal," kata Agus di Pelabuhan Labuan Bajo, Jumat, 20 September 2019.

    Menurut dia, lokasi wisata yang menyampingkan keselamatan wisata akan kehilangan pengunjung. "Sehingga kita kamapanyekan destinasi terkait laut harus selamat," tutur dia.

    Selain keselamatan di kapal, kebersihan tidak dipungkiri menjadi momok di lokasi-lokasi wisata. Masyarakat setempat dan wisatawan yang berkunjung wajib menanamkan budaya kebersihan.

    "Orang (wisatawan) masuk (ke Labuan Bajo) ada impresi bersih, selamat, ini tugas kita bersama kita budayakan kebersihan dan keselamatan," tutur dia. 

    Ia meminta Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KOSP) Labuan Bajo dapat menggalakan kampanye ini. Wisatawan, masyarakat, dan pemilik kapal, harus menerima sosialisasi ini.

    "(KOSP) tolong bisa semua orang hidup berkah, penumpang, pemilik kapal, budaya selamat, kebersihan  di laut sehingga tidak mengotori laut," tutur dia.

    Dia menilai jika semua hal tersebut diterapkan, terutama di Labuan Bajo, jumlah wisatawan bisa meningkat. Ekonomi masyarakat setempat pun dapat berputar secara sehat.

    "Diharapkan baik wisatawan domestik maupun asing terus meningkat. Jadi kita perbaiki semua yang ada, pelabuhan, pelayaran, dan sebagainya. Kita punya daerah spesifik yang rindu untuk dikunjungi wisatawan asing," pungkas dia.

    Dalam kampanye ini, uji petik atau uji kelayakan terhadap kapal wisata dijalankan pejabat pemeriksa keselamatan kapal atau marine inspector. Pemerintah ingin mengetahui secara pasti standarisasi keselamatan yang dipakai kapal wisata. 





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id