BJ Habibie Dimakamkan secara Militer - Medcom

    BJ Habibie Dimakamkan secara Militer

    Kautsar Widya Prabowo - 12 September 2019 13:01 WIB
    BJ Habibie Dimakamkan secara Militer
    Presiden ke-3 BJ Habibie saat Silaturahmi dan Sarasehan Tokoh Masyarakat dan Sesepuh Bangsa di kediamannya Patra Kuningan, Jakarta, Rabu, 1 Mei 2019. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie bakal disemayamkan melalui upacara kenegaraan. Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, menjadi peristirahatan terakhirnya.

    "Jenazah akan saya berangkatan ke TMP Kalibata untuk dimakamkan secara militer," kata inspektur upacara penyerahkan jenazah Habibie kepada negara, Anwar Usman, di rumah duka, Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 12 September 2019.

    Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu berterima kasih kepada semua pihak yang membantu proses pemakaman Habibie. Dia pun memohon doa kepada masyarakat agar Menteri Negara Riset dan Teknologi ke-4 itu diberi tempat terbaik di sisi-Nya.

    Jenazah Habibie yang berada di dalam peti putih berbalut bendera merah putih dibawa ke TMP Kalibata. Dia diangkut sejumlah prajurit TNI. Mobil jenazah meninggalkan rumah Habibie sekitar pukul 12.48 WIB.

    Rasa haru menyelimuti kepergian pria kelahiran di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936, itu ke liang lahad. Ratusan warga mengantar kepergian Wakil Presiden Indonesia ke-7 itu ke peristirahatan terakhir.

    Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyebut rekayasa lalu lintas bakal dilakukan situasional dalam pengantaran jenazah Habibie ke TMP Kalibata. Ada dua rute yang disiapkan untuk mengantar BJ Habibie.

    Rute pertama yakni melewati Jalan Taman Patra Kuningan, Jalan Patra Kuningan Utara, Jalan Rasuna Said, Jalan Gatot Subroto, Jalan Raya Pasar Minggu, Jalan Raya Kalibata hingga ke TMP Kalibata. Jarak 5,3 kilometer itu ditempuh 18 menit. 

    Polisi juga membuat rute alternatif dari rumah duka ke TMP Kalibata dengan jarak lebih singkat,  4,1 kilometer dengan waktu tempuh 16 menit. Rutenya yakni melalui Jalan Taman Patra Kuningan mengarah ke Patra Kuningan VII, Jalan Dukuh Patra, Jalan Mandala Raya Rasamala Raya, Jalan Gatot Subroto, Jalan Raya Pasar Minggu, Jalan Raya Kalibata hingga ke TMP Kalibata.
     
    BJ Habibie tutup usia pada Rabu, 11 September 2019, sekitar pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Pasangan Hasri Ainun Besari itu wafat di usia 83 tahun.
     
    Jebolan Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung (sekarang Institut Teknologi Bandung) itu sudah seminggu dirawat di RSPAD, Gatoto Soebroto. Dia ditangani puluhan tim dokter. Habibie didampingi anak dan cucu saat mengembuskan napas terakhir.
     
    Pemerintah pun menetapkan masa berkabung selama tiga hari. Seluruh lembaga dan instansi diimbau mengibarkan bendera setengah tiang hingga Sabtu, 14 September 2019.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id