Sumatra Lebih Dulu Diguyur Hujan

    Ilham Pratama Putra - 11 Desember 2019 13:26 WIB
    Sumatra Lebih Dulu Diguyur Hujan
    Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
    Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut Pulau Sumatra sudah memasuki musim hujan yang masif. Untuk itu, BNPB fokus memberikan antisipasi kebencanaan pada pulau paling barat di Indonesia itu.

    "Arahnya dari Sumatra dulu, Aceh duluan banjir, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau. Sekarang Jambi sama Sumatra Selatan baru pancaroba," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo di Hotel Millenium Sirih, Jakarta Pusat, Rabu, 11 Desember 2019.

    Kendati disiram hujan belakangan, Pulau Jawa tak luput dari pantauan BNPB. Pasalnya, wilayah Jawa yang padat dan minim resapan air mudah terkena risiko banjir meski intensitas hujan rendah.

    "Kemudian di Jawa hampir seluruhnya bahaya banjir dan puting beliung. Karena banyak yang sudah rusak lingkungannya. Tapi, Jawa belum semua, ada beberapa daerah yang belum hujan," jelas Agus.

    BNPB telah berkoordinasi dengan perwakilan di daerah untuk bersiaga. Imbauan rutin diberikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

    Dia memaparkan musim penghujan memiliki beberapa risiko bencana. Angin puting beliung, banjir, tanah longsor, hingga pohon tumbang rentan terjadi. Untuk itu, partisipasi masyarakat dibutuhkan guna menekan risiko bencana.

    "Memangkas cabang pohon yang rimbun, supaya tidak ambruk," ungkap Agus.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id