Pasien di RSPI Sulianti Saroso Negatif Korona

    Siti Yona Hukmana - 25 Januari 2020 10:09 WIB
    Pasien di RSPI Sulianti Saroso Negatif Korona
    Sejumlah pekerja menggunakan masker untuk antisipasi virus Korona. Foto: ANT/Reno
    Jakarta: Satu pasien yang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso negatif Virus Korona. Dia merupakan pasien penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

    "Sudah ada penjelasan kemarin, yang dirawat pasien ISPA, tapi dilakukan pemeriksaan nCoV (virus korona) hasilnya negatif," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Anung Sugihantono kepada Medcom.id, Sabtu, 25 Januari 2020. 

    Menurut Anung, RSPI sudah mendapatkan edaran terkait Virus Korona sejak 7 Januari 2020. Maka itu, dia berkeyakinan isolasi yang dilakukan terhadap satu pasien ini sudah sesuai prosedur.

    "Yang dikerjakan sudah ada SOP," ungkap Anung. 

    Satu pasien itu merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru saja melakukan perjalanan dari Tiongkok. Dia datang ke RSPI pada Rabu, 22 Januari 2020.

    Tim dokter menduga pasien ini terserang Virus Korona, karena mengalami gejala batuk, demam dan sesak napas.  Maka itu ia dirawat di ruang isolasi demi mewaspadai penularan.

    Virus ini pertama kali berkembang di Wuhan, Tiongkok. Virus ini mirip dengan virus SARS dan memiliki gejala batuk, flu, demam, dan sesak nafas.

    Otoritas Tiongkok melaporkan korban tewas akibat virus korona menjadi 25 orang pada Jumat, 24 Januari 2020. Tiongkok sedang menangani sedikitnya 830 kasus pasien terinfeksi virus korona hingga Kamis, 23 Januari 2019, waktu setempat.



    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id