Pemerintah Bakal Bagikan Avigan dan Chloroquine untuk Pasien Korona

    Nur Azizah - 20 Maret 2020 16:09 WIB
    Pemerintah Bakal Bagikan Avigan dan Chloroquine untuk Pasien Korona
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah bakal membagikan Avigan dan Chloroquine, obat antimalaria, untuk pasien terjangkit virus korona (covid-10). Kedua obat ini dianggap ampun mengatasi korona dan sudah dipakai di Tiongkok.

    "Pemerintah telah menyiapkan obat dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara untuk bisa mengobati covid-19 ini sesuai resep dokter," kata Presiden Joko Widodo dalam telekomunikasi di Istana Bogor, Jumat, 20 Maret 2020.

    Obat bakal dibawa dokter keliling dari rumah ke rumah. Obat akan diberikan ke rumah sakit dan puskesmas, lalu disebar ke pasien yang tengah mengisolasi diri.

    "Saya minta BUMN farmasi yang memproduksi ini untuk memperbanyak produksinya," kata dia.

    Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut obat bisa diberikan sembari menunggu antivirus ditemukan. Ia yakin obat bisa diandalkan lantaran sudah dipakai di sejumah negara.

    "Mengenai antivirus sampai sekarang belum ditemukan dan ini yang saya sampaikan itu tadi obat. Obat ini sudah dicoba di tiga negara dan memberikan kesembuhan yaitu avigan (obat favipiravir yang dikembangkan Fujifilm Toyama Chemical)," tutur Jokowi.

    (Baca: Tiongkok Sebut Obat Flu Jepang Efektif Tangani Korona)

    Otoritas medis Tiongkok mengatakan sebuah obat yang digunakan di Jepang efektif menangani pasien virus korona. Pejabat Kementerian Sains dan Teknologi Tiongkok, Zhang Xinmin, menilai obat bernama favipiravir memberikan hasil menjanjikan dalam uji klinis di Wuhan dan Shenzhen yang melibatkan 340 pasien.
     
    "(Favipiravir) memiliki tingkat keamanan tinggi, dan jelas efektif dalam penanganan (pasien korona)," ujar Zhang kepada awak media, dikutip dari laman Guardian, Rabu, 18 Maret 2020.

    Laporan media NHK, sejumlah pasien yang diberi favipiravir di Shenzhen terbebas dari covid-19 usai sempat dinyatakan positif empat hari sebelumnya. Pasien yang tidak diberi obat baru dinyatakan sembuh dari covid-19, 11 hari kemudian.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id