Sejumlah Hotel BUMN Diwacanakan Jadi Lokasi Isolasi Pasien Korona

    Siti Yona Hukmana - 15 Maret 2020 03:26 WIB
    Sejumlah Hotel BUMN Diwacanakan Jadi Lokasi Isolasi Pasien Korona
    Deputi Bidang IV Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP), Juri Ardiantoro
    Jakarta: Sejumlah hotel milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diwacanakan menjadi lokasi isolasi pasien terjangkit virus korona (covid-19). Kebijakan ini guna menambal kekurangan tempat perawatan manakala kasus virus korona semakin meningkat.

    "BUMN telah memikirkan menjadikan hotel yang dimiliki untuk dijadikan rumah sakit tempat isolasi, jika eskalasi korban ini semakin meningkat," kata Deputi Bidang IV Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP), Juri Ardiantoro di IBIS Tamarin, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 Maret 2020. 

    Namun, Juri belum dapat memastikan berapa jumlah hotel yang akan dijadikan sebagai rumah sakit tempat penaganan pasien korona itu. Jumlah hotel disesuaikan dengan kebutuhan. 

    "Kita lihat perkembangannya, tapi sudah ada yang dipersiapkan," ujar Juri.

    Baca: Pemprov Banten Tetapkan Status KLB Wabah Virus Korona

    Juri menjelaskan saat ini sudah 132 ratusan rumah sakit rujukan untuk menangani pasien korona yang disiapkan oleh pemerintah pusat. Selain itu, ada juga dari pemerintah daerah, TNI, Polri dan BUMN. 

    Menurut Juri, penanganan penyakit asal Wuhan, Tiongkok itu tidak bisa diperangi secara sektoral. Penanganan butuh kerja sama dengan semua instansi pemerintah.

    "Pemerintah daerah harus terkoordinasi dengan pemerintah pusat, sehingga data yang dimiliki tidak ada kesenjangan atau tidak ada perbedaan," ungkap Juri. 

    Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan rencana menggunakan hotel milik BUMN sebagai rumah sakit tempat isolasi pasien korona belum masuk pembahasan.

    "Tapi saya lebih memikirkan bagaimana agar pemerintah kita meningkatkan kapasitas rumah sakit yang sudah ada atau menambah fasilitas," kata Saleh.

    Saat ini, sudah ada 359 rumah sakit yang disediakan untuk penanganan pasien korona. Ada penambahan 227 rumah sakit yang terdiri dari 109 rumah sakit milik TNI, 53 rumah sakit milik Polri dan 65 rumah sakit milik BUMN.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id