Tes Spesimen Covid-19 Mendekati 20 Ribu dalam Sehari

    Theofilus Ifan Sucipto - 24 Juni 2020 13:18 WIB
    Tes Spesimen Covid-19 Mendekati 20 Ribu dalam Sehari
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Kemampuan Indonesia mengetes spesimen virus korona (covid-19) hampir mencapai 20 ribu tes per hari. Tes dilakukan di 220 laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia.

    “Saat awal (kemampuan tes) di bawah 1.000 dan saat ini mendekati 20 ribu tes per hari,” kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid- 19 Wiku Bakti Bawono Adi Sasmito di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Juni 2020.
     
    Wiku mengungkapkan ke-200 laboratorium itu dikepalai 11 kementerian/lembaga. Dia menjelaskan seluruh proses pengiriman dan pemeriksaan spesimen dilakukan melalui sistem Bersama Lawan Covid (BLC).

    (Baca: 20 Laboratorium Libur, Pemeriksaan Spesimen Turun)

    Sistem itu juga memuat sinkronisasi data dari pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), rumah sakit, dinas kesehatan, dan laboratorium terkait. “Ini adalah prestasi yang luar biasa kerja sama lintas sektor untuk jadi kekuatan Indonesia,” ujar Wiku.

    Wiku mengungkapkan terdapat 1.687 rumah sakit rutin melaporkan data terbaru virus korona. Jumlah itu meningkat dari 250 rumah sakit sejak Maret 2020.

    Dia menyebut sebaran rumah sakit rujukan juga bertambah signifikan dari 132 menjadi 800 rumah sakit rujukan nasional dan provinsi. “Seluruh rumah sakit itu terhubung dengan surveilans dan laboratorium secara otomatis,” tutur Wiku.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id