Istana Bakal Gelar Pertunjukan Wayang Kulit

    Damar Iradat - 02 Agustus 2019 17:57 WIB
    Istana Bakal Gelar Pertunjukan Wayang Kulit
    Ilustrasi Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto; Panca Syurkani/MI
    Jakarta: Istana Kepresidenan akan menggelar pertunjukan wayang kulit menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat malam, 2 Agustus 2019. Pertunjukan wayang kulit ini pertama kali digelar di Istana Kepresidenan.  

    Pertunjukan wayang tersebut akan didalangi oleh Ki Manteb Soedharsono. Ia akan membawakan lakon Kresno Jumeneng Ratu atau Kresna Menjadi Raja.

    "Ini pertama kalinya digelar di Istana, dalam rangka menyambut 17-an," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi, Jumat, 2 Agustus 2019.

    Acara wayang kulit bakal dimulai sekitar pukul 19.00 WIB. Sejumlah public figure seperti Butet Kartaredjasa, Den Baguse Ngarso, Kirun, Soimah, Cak Lontong, Didi Kempot, Akbar, Edo Kondologit, dan Endah Laras akan menyaksikan langsung pertunjukan wayang ini.

    Sementara itu, Staf Khusus Presiden Adita Irawati mengatakan pertunjukan ini merupakan tindak lanjut dari janji Presiden Joko Widodo yang ingin mengundang Ki Manteb dan Kirun usai Pilpres 2019. Jokowi saat silaturahmi dengan Gapoktan dan Perpadi berjanji bakal menanggap Ki Manteb dan Kirun di Istana Negara, Jakarta.

    Endah yang bakal menjadi salah satu pengisi acara mengatakan pertunjukan ini kebanggaan tersendiri bagi para seniman tradisional. Menurut dia, para seniman juga telah lama menantikan hal ini.

    "Semua kabar ini tersebar di mana-mana. Saya bangga sekali, senang kebudayaan kita bisa disaksikan masyarakat di lingkungan Istana, apalagi ditonton untuk umum depan Jalan Medan Merdeka Selatan. Ini saya anggap sebagai penghargaan bagi saya pelaku seni," tutur Endah.

    Menurut dia, Jokowi memang sudah lama terlihat memperhatikan pelestarian budaya. Sejak menjabat sebagai Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi juga sering mengundang Endah.

    "Dari zaman Wali Kota, zaman Gubernur juga sering diundang dengan beliau. Bahkan ketika Presiden dia concern kepada pelestarian seni budaya. Semua seni budaya Indonesia," ungkapnya.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id