BPOM Kawal Keamanan Vaksin Sinovac Hingga Disuntikan

    Cindy - 19 November 2020 15:45 WIB
    BPOM Kawal Keamanan Vaksin Sinovac Hingga Disuntikan
    Ilustrasi vaksin covid-19. Medcom.id
    Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan terus mengawal distribusi dan keamanan vaksin Sinovac hingga disuntikan ke masyarakat. Pengawalan guna memastikan vaksin teruji efikasinya.  

    "Kita bisa sebut ini uji klinis fase 4, pengawalan keamanan setelah disuntikan," ucap Kepala BPOM, Penny K Lukito, dalam konferensi pers secara daring, Kamis, 19 November 2020.

    Penny menyebut pemantauan efek samping vaksin dilakukan bersama Komite Nasional Pengkajian Kejadian Ikutan Paska Imunikasi (Komnas KIPI) nasional dan daerah. BPOM akan menerima laporan dan mengambil langkah yang dibutuhkan.

    "Misalnya, setelah ada emergency use authorization (EUA), obat vaksin ada efek samping di masyarakat dan berefek signifikan, baru BPOM akan ambil keputusan," ucap dia.

    (Baca: Izin Penggunaan Darurat Vaksin Sinovac Keluar Januari 2021)

    Penny menyebut pihaknya juga mengawal seluruh proses pembuatan vaksin covid-19. Baik penelitian, uji klinis, produksi, distribusi, sampai penggunaannya di pelayanan kesehatan.

    "BPOM ada di semua titik, bekerja menerima data informasi bersama pihak terkait untuk menjamin mutu, keamanan dan khasiat dari obat vaksin tersebut," ujar Penny.

    Sebanyak 1.620 subjek atau relawan vaksin Sinovac di Bandung telah disuntik dosis vaksin pertama pada 6 November 2020. Kemudian, 1.603 subjek pada dosis kedua, 1.520 untuk periode monitoring, dan 17 subjek tercatat drop out.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id